Rompi Kulit Motor, Jenis Bahan & Cara Membedakan Kulit Asli Palsu

Rompi Kulit Motor, Jenis Bahan & Cara Membedakan Kulit Asli Palsu

Rompi kulit motor bikers polos desain custom di jual oleh produsen jaket kulit Garut, Enjoy Leather Shop. Para artis dan selebriti terlihat keren saat memakai jaket kulit klasik model rompi yang dipadukan dengan jeans.

Sebelum kamu beli rompi kulit asli, sebaiknya kenali jenis bahan pembuatan rompi tersebut. Pasalnya, kini banyak produk kerajinan kulit yang terbuat dari bahan sintetis. Orang mengenalnya dengan istilah faux leather atau kulit imitasi (palsu).

Yuk ikuti ulasan Enjoy Leather berikut ini

Bahan dan model rompi kulit asli

Bahan kulit asli binatang telah digunakan sebagai produk fashion (pakaian) sejak berabad-abad lamanya. Alasannya adalah karena keawetan, daya guna, dan ketahanan dari bahan tersebut.

Trend mode berbusana (fashion style) selalu silih berganti setiap tahun. Bahkan beberapa produk fashion ngehit hanya sekita saja. Ketika momen tersebut hilang, maka trend fashion pun berganti. Tak terkecuali dengan model rompi kulit.

Bahan asli kulit hewan punya karakteristik khas yang alami. Ciri khas tersebut akan tetap melekat pada produk kerajinan yang jadi produk akhirnya. Coba kamu perhatikan produk pilihan berbahan kulit seperti jaket, sabuk (ikat pinggang), sepatu, sandal, topi, dompet, dan tas. Ciri khas produk kerajinan yang dibuat dari kulit buaya akan berbeda dengan ciri khas produk yang dibuat dari kulit kambing atau sapi. Tahukah kamu cara membedakan kedua jenis kulit hewan tersebut?

Produsen kerajinan kulit asli

Produsen kulit hewan internasional dengan merek (brand) seperti Tanner Goods, Saddleback Leather Co., dan J.W. Hulme Co. tetap fokus membuat produk kerajian dari bahan kulit berkualitas tinggi. Pabrik kulit mereka seringkali menggunakan metode produksi ‘penyamakan’ yang masih tradisional untuk mempertahankan mutu kulit.

Di Indonesia, kamu dapat memesan rompi kulit custom dari pengrajin kulit Garut, Enjoy Leather. Kamu cukup mengirimkan detil produk atau contoh produk yang ingin dibuat.

Rompi Kulit Motor, Jenis Bahan & Cara Membedakan Kulit Asli Palsu
Gambar contoh Rompi Kulit Motor

Ketrampilan pengrajin

Dedikasi tinggi para pengrajin kulit tersebut diwujudkan dengan garansi atau jaminan pada produknya. Misalnya saja perusahaan high-end Saddleback Leather Co. yang menawarkan garansi hingga 100 tahun pada produknya.

Menurut kamu, adakah material pakaian lainnya yang berani memberikan garansi hingga 100 tahun? Fenomena seperti ini bisa menjadi inspirasi dan pencerahanbuat kamu akan kualitas kulit asli, terutama aspek daya tahan (durability) dan keawetannya (longevity).

Beda kualitas kulit asli dan imitasi

Sekalipun ada banyak rompi atau jaket semi kulit (sintetis, imitasi) yang berusaha menyamai kualitas jaket kulit asli, namun sifat alami kulit yang menjadi ciri khas rompi kulit asli tidak dapat disamai. Rompi kulit asli difavoritkan oleh orang yang naik motor gede (bikers) buat touring. Varian lain dari jaket kulit motor ini memang terlihat keren saat dipakai berkendara. Rekomendasi kami, gunakan jasa pembuatan jaket kulit custom dari Enjoy Leather Garut.

Jenis bahan untuk membuat rompi kulit

Jika kamu ingin membeli produk kerajinan kulit seperti jaket, rompi kulit, tas atau sepatu yang umur pakainya lebih lama, maka kamu perlu memahami gradasi kualitas bahan kulit asli. Enjoy Leather akan coba menjelaskan tingkatan mutu atau kualitas kulit dimulai dari kualitas terbaik hingga kualitas yang lebih rendah.

Full grain leather

Full grain leather merupakan jenis bahan kulit terbaik. Istilah full grain mengacu pada jenis kulit asli yang tidak mendapat treatment, baik itu sanding maupun buffing. Dengan demikian jenis kulit full grain merupakan jenis kulit hewan utuh sebagaimana adanya.

Produsen kerajinan kulit lebih suka menggunakan kulit asli. Mereka bisa memunculkan bagian kulit hewan yang menarik buat pelanggan. Jenis kulit full grain banyak dibuat menjadi kerajinan berkualitas tinggi seperti sepatu, rompi kulit, koper, atau sofa (furnitur).

Top grain leather

Jenis bahan kulit terbaik kedua setelah full grain leather adalah top grain leather. Jenis kulit ini telah mengalami proses splitting. Oleh karena itu, top grain lebih tipis dibandingkan full grain. Namun kelebihan dari top grain leather bagi pabrik adalah jenis kulit ini muda dibentuk.

Untuk memperbaiki permukaan, setelah splitting dilakukan penyempurnaan seperti sanding sehingga terasa lebih lembut dan halus. Top grain leather banyak dibuat menjadi kerajinan seperti handbag (tas jinjing).

Suede

Suede adalah jenis kulit yang sangat khas dan teksturnya sangat terasa. Suede terbuat dari kulit split yang telah di-sanding untuk mendapatkan tingkat ketebalan yang diinginkan. Pabrik jaket kulit umumnya menggunakan kulit kambing, kulit domba atau kulit rusa. Tekstur suede dari kulit sapi cenderung lebih kasar teksturnya.

Meskipun penampilan dan kesan yang ditimbulkan sangat prima, namun suede terbilang kurang awet. Penyebabnya adalah suede lebih tipis dan pori-porinya lebih banyak. Karakteristik ini menjadikan kulit suede sangat rentan terhadap pengaruh cuaca dan cairan sehingga tidak cocok dibuat menjadi rompi kulit motor untuk touring.

Bonded leather

Harga kulit jenis bonded leather sangatlah murah. Sisa potongan kulit disambungkan sehingga terbentuklah bonded lather. Bahan yang digunakan untuk menyambungkan potongan tersebut adalah poliuretan (PU) atau latex (karet). Jika telah tersambungkan, sulit mengenali berapa porsi material asli dalam bonded leather.

Bonded leather banyak digunakan membuat kerajinan kulit emboss (timbul). Desain timbul seperti ini dapat menyamarkan sambungan atau penampilan dari kulit sintetis. Kerajinan kulit timbul (embossed leather) disebut juga dengan ‘tooled leather’.

Faux leather (kulit palsu, sintetis, imitasi)

Faux leather mencakup semu jenis kulit yang terbuat dari bahan sintetis sehingga terlihat seperti kulit asli. Faux leather dibedakan berdasarkan jenis bahan pembuaannya. Ada 2 bahan untuk membuat kulit faux, yaitu poliuretan (PU) dan polivinil klorida (PVC). PVC dikenal juga dengan sebutan vinil. Vinyl telah dibuat di Amerika Serikat sejak tahun 1940-an. Vinyl digunakan dalam pembuatan sepatu, pakaian, interior mobil, dan kain pelapis. PU banyak digunakan untuk membuat jaket semi kulit.

Tidak seperti kulit asli, faux leather tidak breathable. Kesan yang timbul adalah kurang nyaman ketika bersinggungan dengan kulit secara langsung. Faux leather bisa dibuat menjadi sangat lentur dan awet. Kelemahannya adalah mudah terkelupas dan sobek jika dibandingkan dengan kulit asli.

Tips dan cara membedakan rompi kulit asli dan palsu

Tidak sulit membedakan rompi kulit asli dan imitasi. Kamu hanya perlu mengetahui ciri-ciri khas yang dimiliki kulit asli dan palsu. Ketika membeli produk dari kulit, silakan ikuti tips berikut.

Aroma kulit asli

Kulit asli memiliki aroma khas yang berbeda dengan kulit palsu. Kulit dari bahan sintetis tercium seperti aroma bahan kimia, plastik. Kulit berkualitas rendah juga banyak mendapatkan treatment untuk memunculkan kesan berkualitas tinggi.

Cek label

Produsen kerajinan kulit yang membuat rompi kulit juga memberikan label pada produknya. Melalui label ini mereka menginformasikan bahan yang digunakan untuk membuat jaket kulit. Cek tulisan made with atau terbuat dari.

Cek bagian tepi

Bagian tepi kulit asli berbeda dengan kulit palsu. Kulit palsu akan terlihat lebih rata dan lebih rapi ketika dipotong. Selain itu, gradasi kualitas kulit juga bisa dicek melalui warna. Warna biru yang kurang terlalu kuat dan kurang merata menandakan penyamakan belum berlangsung sempurna.

Cek reputasi pengrajin

Pengrajin kulit kenamaan tentu punya reputasi. Mereka sudah punya pelanggan yang loyal. Reputasi mereka dapat dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan. Misalnya saja kualitas jahitan, benang jahit yang digunakan, kerapian sambungan, dan asesoris yang digunakan.

Bandingkan harga

Harga kulit asli itu tidak murah. Oleh karena itu, gak masuk akal jika ada produk jaket kulit asli yang harganya murah. Menurut informasi dari pengrajin, jaket kulit atau rompi kulit asli dengan desain minimal dan tanpa asesoris harganya berkisar 800 ribu hingga 900 ribuan. Jadi, kamu patut curiga jika ada harga jaket kulit asli tapi dijual dengan harga 500 ribu. Bahan jaket kulitnya pasti bukan kulit hewan asli, seperto sapi atau domba.

Rompi Kulit Motor, Jenis Bahan & Cara Membedakan Kulit Asli Palsu
5 (100%) 27 votes

Tags:toko rompi kulit bandung, bahan faux suede, bossy hill rompi kulit, Gambar rompi, jenis rompi, nama-nama bahan semi kulit untuk rompi, rompi kulit garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
08112132798