Bahan Jaket Kulit Asli Terbaik, Jenis Kulit Sapi Domba atau Kambing?

Bahan Jaket Kulit Asli Terbaik, Jenis Kulit Sapi Domba atau Kambing?

Bahan jaket kulit asli terbaik (paling bagus) itu jenis kulit sapi domba atau kambing? FYI, ciri-ciri jaket kulit kualitas bagus dapat dilihat dari harga dan jenis bahan dasar kulit hewan yang digunakan.

Sebagai bahan baku pembuatan jaket, kulit sapi domba kambing dan babi punya perbedaan alamiah, sehingga kualitas jaket kulit yang dihasilkan dari ketiga jenis kulit hewan tersebut juga berbeda. Lebih jauh daripada itu, alat dan bahan serta proses penyamakan kulit sangat berpengaruh pada kualitas bahan yang akan dibuat menjadi jaket.

Kekurangan ilmu & pengalaman tentang kulit, bisa mengakibatkan tertipu ketika membeli jaket kulit pria atau wanita asli Garut. Setuju?

So, buat kamu yang sedang cari jaket kulit berkualitas, maka artikel Enjoy Leather ini pas banget buat kamu.

Beli Jaket Kulit, Pilih Harga Murah atau Model Terbaru?

Pengen beli jaket kulit termurah? Kamu juga bisa cek katalog model jaket kulit terbaru dari Enjoy Leather Garut.

Harga jaket kulit mahal

Memilih dan membeli jaket kulit yg bagus bisa dibilang gampang-gampang susah. Terlebih lagi, sebagian besar masyarakat di Indonesia masih menganggap jaket kulit asli (genuine leather jacket) sebagai produk yang tergolong mahal.

Mahalnya harga kerajinan kulit seperti jaket bukanlah tanpa sebab. Faktor utama yang mempengaruhi harga produk adalah harga bahan baku dan ongkos produksi. Sedari awal, harga bahan dasar jaket kulit emang termasuk mahal, apalagi yang berkualitas super (terbaik). Maka dari itu, wajar kiranya harga barang jadinya menjadi mahal.

Kamu perlu lebih hati-hati dalam membeli jaket kulit. Biar tidak rugi. Pasalnya, ada produsen jaket kulit yang nakal dengan mengatakan jaket kulit buatannya asli padahal kenyataannya imitasi (sintetis atau palsu).

So, penting banget buat kamu mendalami ilmu perkulitan sebelum beli jaket kulit.

Variasi model jaket kulit

Di pasar online offline, Jakarta serta Surabaya, kamu bisa membandingkan aneka macam model jaket kulit untuk pria atau wanita. Lihat saja katalog online model jaket kulit wanita atau rompi kulit pria ala korea yang modern atau jaket kulit motor bikers yang klasik. Kamu bisa membandingkan harga jualnya, bahan pembuatan jaket kulit, merk dan faktor penentu kualitas lainnya.

Beragamnya pilihan variasi jaket kulit bisa membuat kamu bingung. Pilih warna hitam atau coklat. Pilih model bomber atau berkerah? Apa pun pilihan kamu, jangan sampai beli jaket kulit imitasi ya guys.

Penjual jaket kulit umumnya hanya mengklaim bahwa jaket buatannya adalah produk yang terbaik, tetapi mereka lupa menjelaskan detilnya mengapa jaket kulit tersebut dikatakan terbaik.

Buat kamu yang sedang cari jaket kulit atau bingung menimbang bagus mana jaket kulit domba atau sapi, kami telah membuatkan panduan ringkas untuk memilih jaket kulit asli, bukan semi kulit Viena.

Dalam artikel ini kami coba ulas tentang perbedaan bahan kulit berdasarkan jenis hewannya serta kelebihan dan kekurangan material kulit asli hewan.

Siapa Pengguna Jaket Kulit Asli

Apakah kamu sering melihat iklan jaket kulit? Apakah jaket kulit diasosiasikan dengan bikers atau pengendara motor gede seperti Harley Davidson? Ataukah kamu sering melihat pejabat teras pemerintahan mengenakan jaket kulit yang terkesan lux? Jika jawabannya iya, maka jaket kulit memang dipersepsikan produk berkelas atas di benak konsumen.

Kalangan menengah ke bawah

Buat kalangan menengah ke bawah, produk jaket kulit asli cenderung terkesan sebagai produk premium yang harganya mahal. Itu adalah efek iklan yang sering kamu dengar dan lihat.

Buat kamu yang merasa bahwa jaket kulit itu barang mahal, tentunya merasa sayang kalau harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk beli jaket. Jika memang karena ada alasan khusus, karena tuntutan pekerjaan (profesi), maka kamu akan sangat berhati-hati saat membelinya. Jangan sampai salah beli atau tertipu membeli produk jaket kulit palsu (sintetis atau imitasi) karena harganya murah.

Kalangan menengah ke atas

Buat kalangan medium-up, jaket kulit bukanlah barang mewah. Harga mahal tidak menjadi masalah buat mereka. Sebagian dari kalangan ini justru malu (gengsi) mengenakan jaket kulit yang harganya murah. Terlebih lagi adanya paradigm bahwa murah itu cenderung kualitas produknya murahan. So, mereka akan pake jaket kulit Garut yang terlihat bagus dan menawan. Bisa dibilang memberikan kesan mahal!

Buat bikers yang sering touring, mereka mengenakan jaket karena alasan untuk memenuhi kebutuhan hobi motoran karena menunjang penampilan saat berkendara (biker). Buat kalangan ini, bisa dikatakan sebagai para kolektor jaket kulit motor. Jaket kulit yang keren, apik dan terkesan mewah dianggap dapat meningkatkan kepercayaan diri (merasa istimewa) bagi penggunanya.

Siapa pun kamu yang ingin memiliki jaket kulit, kami rekomendasikan kamu untuk mengenali jenis kulit hewan yang dijadikan bahan pembuatan jaket kulit.

Perbedaan Jenis Bahan Kulit dalam Pembuatan Jaket: Kulit Sapi, Domba, dan Babi

Buat kamu yang pengen beli jaket kulit tentu bertanya, “Kulit hewan apa yang paling bagus untuk membuat jaket kulit?”. Jawaban klasik yang sering dijumpai adalah “Kulit yang cocok dengan gaya terkini dan memberikan manfaat yang maksimal”. Poin penting yang perlu kamu ingat adalah setiap jenis kulit hewan memiliki karakteristik dan ciri khusus. Kamu perlu hati-hati dengan penjual jaket kulit yang hanya membuat jaket dari satu jenis bahan saja. Mereka sebetulnya tidak memhami perbedaan setiap jenis kulit.

Perbedaan yang utama dari jaket kulit adalah berasal dari jenis kulit hewan (hides). Dilansir dari caineleather.co.uk, aturan umum yang perlu kamu pegang adalah semakin besar ukuran hewan, maka semakin tebal dan berat kulit (leather) yang dihasilkan ternak tersebut.

Ada tiga jenis bahan kulit yang umumnya digunakan sebagai bahan utama jaket kulit, yakni kulit domba, kulit sapi, serta kulit babi (di Eropa dan Amerika). Yang paling banyak dijual serta diminati adalah jaket berbahan kulit sapi. Namun, ternyata ketiga jenis bahan kulit tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kulit Sapi dan kerbau (Cow and buffalo)

Struktur kulit sapi

jenis kulit berdasarkan struktur

Gambar struktur kulit via bestleather.org

Kulit sapi tersusun atas 2 lapisan utama, yaitu corium dan grain. Silakan lihat pada gambar di atas. Serat kolagen dalam corium cenderung lebih tipis & fleksibel. Kumpulan serat kolagen tersebut semakin rapat & tebal menuju ke arah grain. Corium akan semakin tebal dengan bertambahnya usia hewan. Itulah mengapa kulit anak sapi (calfskin) memiliki ciri yang lebih tipis, lebih lembuat dan halus dibandingkan jenis kulit lainnya.

Bagian atas dari grain bersentuhan langsung dengan bulu serta dapat mengandung cacat karena gigitan serangga, stretch mark, goresan dan cakaran kuku binatang. Oleh karena itu, lapisan terluar kulit akan di treatment sedemikian rupa (buffed off) sehingga penampilan kulit menjadi lebih seragam mutunya.

Karakteristik kulit sapi: tebal, kaku dan kuat

Jaket dengan bahan kulit sapi memiliki bobot paling besar, namun paling kokoh (toughest). Kelebihan kulit sapi adalah mempunyai ketahanan abrasi yang baik & lebih tahan lama. Kekurangan kulit sapi adalah bobotnya berat dan cenderung kaku.

Kulit sapi banyak digunakan untuk membuat sepatu tas serta jaket. Selain itu, Bahan kulit sapi sering digunakan sebagai pada produk perlengkapan (pelindung & pengaman) buat pengendara sepeda motor karena pertimbangan kekuatan atau daya tahan (toughness) jadi pertimbangan utama.

Jaket yang terbuat dari kulit sapi cenderung awet dan tahan lama. Umumnya, jaket kulit sapi lebih disukai pengguna ketika touring atau melakukan aktivitas outdoor. Oh iya, informasi buat kamu kalo kulit kerbau mengandung ‘grain’ (jaringan kolagen halus) lebih banyak dibandingkan kulit sapi.

Kulit domba (sheep and lamb)

Kulit sapi memiliki grain yang lebih halus, lebih lentur (supple) dan lebih ringan (light) dibandingkan dengan kulit sapi atau kerbau. Oleh karena itu wajar jika jaket dengan bahan kulit domba memiliki bobot lebih ringan dari jaket kulit sapi. Jika kamu perhatikan lebih detil maka Jaket kulit domba akan lebih lentur, lebih lembut karena berpori kecil, namun tetap kokoh dan juga tahan lama.

Jenis jaket ini disukai karena teksturnya yang khas (hangat nyaman), disebut “buttery“. Kulit domba menawarkan keseimbangan yang baik antara kenyamanan, gaya serta kekuatan. Ciri khas jaket kulit domba ini banyak nampak pada jaket kulit bomber, blazer kulit & reefer kulit. Jaket ini lebih banyak digunakan untuk acara formal atau aktivitas indoor.

Kulit babi (Eropa dan Amerika)

Jaket kulit babi lebih disukai karena harganya lebih murah. Namun, kualitasnya tidak se-premium jaket kulit sapi dan jaket kulit domba.

Jaket dari kulit babi memiliki tekstur yang lebih tipis, plastis dengan lapisan mengkilap dan ketahanan yang buruk. Jaket jenis ini kurang awet. Jaket kulit babi tidak popular di Indonesia sebagai Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Jaket kulit babi dipilih saat harga jadi pertimbangan utama saat membeli jaket. Kami tidak merekomendasikan kamu membeli jaket kulit babi.

Jadi, lebih bagus mana jaket kulit domba atau kulit sapi? Jawabannya bisa relatif tergantung selera atau kebutuhan masing-masing. Sebaiknya, kita perlu mengetahui tujuan kita membeli jaket kulit agar dapat dengan mudah memutuskan jenis jaket kulit apa yang sebaiknya dibeli. Untuk keperluan aktivitas outdoor yang perlu durability, maka gunakan jaket kulit sapi. Untuk keperluan gaya dan mode kekinian terutama dalam ruangan, gunakan jaket kulit domba.

Selanjutnya mari kita pelajari tentang berbagai jenis kulit jadi. Belajar perkulitan penting untuk memilih jenis kulit terbaik atau produk yang terbuat dari kulit. Ada beberapa variasi jenis kulit yang diproduksi sekarang ini oleh pabrik pengolahan kulit.

Jenis Kulit Jadi (Finished Leather Types)

Proses penyamakan (tanning) kulit hewan (sapi, kambing, domba) sangat menentukan kualitas bahan kulit yang dihasilkan. Perbedaan proses (urutan, bahan kimia) akan mempengaruhi kualitas penangangan dan penampakan kulit jadi. Berikut ini adalah beberapa nama jenis bahan jaket kulit yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jaket.

Kulit Nappa (Napa)

bahan jaket kulit jenis Nappa

Nappa leather via exportersindia.com

Nappa adalah jenis kulit yang dihasilkan dari proses penyamakan yang panjang dan kompleks. Umumnya kulit domba atau kambing grade ‘full grain’ yang disamak dengan proses tersebut akan menghasilkan kulit yang empuk (soft), lentur (luwes), dan awet (durability nya bagus).

Jenis kulit Nappa memiliki kualitas kulit terbaik dibandingkan dengan jenis kulit lainnya, sehingga harganya lebih mahal. Jika ada penjual yang mengklaim harga jual kulit Nappa kuang dari USD $ 150, maka perlu diragukan kualitas kulit yang dijualnya. Oleh karena harga bahan jaket kulit per meter sudah mahal, maka harga jaket kulitnya pun mahal. Cocok untuk penunggang ferari.

Kulit Anilin

Aniline adalah nama bahan kimia (transparan) yang ditambahkan pada kulit sehingga kulit dapat diwarnai dan lebih lunak tanpa kehilangan tekstur (tone) alami & warna (shade) alami kulit. Penambahan aniline inilah yang menjadi dasar mengapa nama kulitnya disebut kulit aniline. Bahan kimia aniline umumnya diaplikasikan pada kulit sapi, kerbau dan domba. Proses ini menghasilkan leather dengan penampilan lurik alami sehingga memungkinkan kulit seperti ‘bernafas’. Kulit aniline sangat baik untuk membuat jaket kulit warna coklat (brown) dan warna tan.

Kulit Nubuck

Untuk mendapatkan kulit nubuck, lapisan atas dari ‘full grain’ digosok dengan pasir yang sangat halus sehingga menghasilkan kulit yang soft (lembut) seperti beludru (velvety yang hamper mirip dengan suede. Namun demikian, kualitas dan harga kulit nubuck masih lebih tinggi dibandingkan suede. Jaket yang dibuat dari kulit nubuck lebih rentan terhadap air (pudar) sehingga bahan anti air perlu dilapiskan pada kulit nubuck.

Kulit suede

Jenis kulit suede dihasilkan dari penggunaan bagian bawah (under side) lapisan kulit. Efeknya adalah kulit lebih berserat (fibrous) sehingga kurang tahan jika dibandingkan dengan lapisan kulit penuh (full hide). Seperti halnya nubuck, kulit suede lebih mudah pudar jika kontak dengan air (water) kecuali jika telah mendapatkan perlakuan khusus.

Kulit split

Kulit split dihasilkan dari pemotongan bagian atas kulit (top layer) menjadi 2 lapisan kulit yang lebih tipis. Jenis kulit ini dibuat untuk membuat harga jaket kulit lebih terjangkau.

Kini, kamu sudah punya pengetahuan tentang perbedaan kulit hewan untuk bahan jaket & jenis-jenis kulit yang dihasilkan dari proses penyamakan. Kamu sudah siap untuk membeli jaket kulit terbaik kamu. Kalo kamu sudah punya jaket kulit, kamu perlu informasi tentang bahan dan cara yang diperlukan untuk merawat jaket kulit.

Bahan perawatan jaket kulit

Bahan pewarna

Bahan cat difungsikan sebagai bahan untuk mewarnai jaket kulit selain warna dasar. Mengecat adalah salah satu cara membuat warna jaket berbeda dari sebelumnya.

Bahan penghitam

Umumnya, orang menghitamkan jaket kulit dengan semir. Lihat video berikut untuk menyemir jaket kulit dengan baik sehingga jaket tetap hitam.

Bahan pengkilap

Hand Body Lotion, baby oil atau minyak zaitun dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk mengkilapkan jaket kulit. Selain mengkilapkan, bahan tersebut juga dapat melemaskan atau melenturkan bahan kulit yang kaku. Bahan pelembut alami itu lebih ramah terhadap kulit dibandingkan dengan bahan sintetis terbaik.

Setelah kinclong dan tidak kusam, kamu bisa gantung di lemari kering yang sejuk agar ga bau, ga kusut dan ga berjamur (jamuran). So, jaket kulit bekas pun nampak baru.

Bahan pencuci

Jangan gunakan mesin cuci atau detergen sebagai bahan untuk membersihkan jaket kulit. Bahan pembersih baju ini bisa merusak struktur alami kulit (jaringan protein, kolagen). Kalo kamu mencuci jaket kulit dengan detergen, maka jaket kulit kamu yang tadinya lemes bisa jadi keras. Selain itu, lapisan kulit atau kalep bisa terkelupas (mengelupas).

Tips kalo kehujanan : Salah satu cara merawat jaket kulit dengan benar adalah segera keringkan jaket kulit yang basah habis kena hujan. Kamu bisa menggunakan hair dryer. Air hujan yang masuk ke pori-pori jaket dapat merangsang tumbuhnya jamur secara alami sehingga rusak jaketnya. Itulah tips dan cara merawat jaket kulit supaya tidak berjamur

Rekomendasi

Kamu bisa beli jaket kulit baru berkualitas dari Toko Enjoy Leather Garut. Kamu bisa pilih mau dibuatkan dari jaket kulit domba super kulit spinil ELCO atau kulit oscar. Kualitasnya bukan kualitas KW. Bahkan tak kalah dengan merek jaket kulit terkenal seperti Cardinal kalo kamu bisa padu padankan asesorisnya seperti furing. Enjoy Leather siap kirim ke Bandung Medan dan kota besar lainnya di Indonesia.

Bahan Jaket Kulit Asli Terbaik, Jenis Kulit Sapi Domba atau Kambing?
4.9 (97.36%) 53 vote[s]

Tags:harga bahan kulit untuk jaket, bahan pakaian yang terbuat dari kulit domba disebut, Perbedaan kulit kambing asli dan palsu, harga bahan kulit grut, bahan tas semi kulit, ciri ciri kulit domba asli, ciri ciri jaket kulit domba, ciri ciri jaket kulit kualitas bagus, macam 2jaket kulit, perbedaan kulit domba spinil, gambar jaket kulit terbaik, harga jaket kulit sapi, produk cat terbaik jaket kulit, warna bahan jeket kulit, harga bahan jaket kulit, harga bahan kulit asli, jaket, merek jaket kulit kwalitas bagus, harga kain jaket kulit berkualitas, bahan dasar jaket kulit, Jaket kulit kualitas, jenis jaket kulit, jaket kulit kerbau, kulit domba, harga kulit domba per meter, bahan jaket kulit asli, bahan jacket 2019, bahan dari jaket kulit, harga bahan lembaran kulit asli, Harga rompi kulit kerbau garut, harga kulit sapi untuk tas, bahan jaket kulit domba, harga kain kalep, harga jaket kulit yang bagus, bahan kulit garut, bahan kulit jakrt, Yntuk membuat hajet bagys kulit apa, bahan twrbaik jaket kulit, bahan yg terbuat dari kulit domba di sebut, Baju bahan kulit sintetis, baju kulit hewan, beli dompet kulit anilin, bahan kulit yang bagus, berbagai jenis kukit bahan haket, Cara membedakan jenis kulit jaket kulit, cara membuat motif secara tradisional di media kulit sapi, bahan kulit sapi asli, bahan kulit sapi apa bagus, beli kain kulit, bahan kulit kualitas terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
08112132798