Cara Membedakan Kulit Asli dan Palsu (Sintetis) Jaket Dompet

Cara membedakan kulit asli dan palsu (sintetis or imitasi) itu penting untuk kamu ketahui. Terlebih lagi saat membeli jaket kulit pria,sepatu kulit wanita, tas kulit, sandal kulit, dompet kulit, topi kulit, rompi kulit, jas & blazer kulit, ikat pinggang kulit serta sarung tangan kulit.

FYI, beda kulit asli dan palsu semakin tipis karena kemajuan teknologi kimia & pabrikasi (manufaktur). Kamu bisa frustasi saat melihat jaket dari kulit imitasi yang penampakannya sangat mirip dengan jaket kulit asli.

Sebelum kita mulai pembahasan tentang cara membedakan kulit asli dan palsu, maka kami ingatkan belilah jaket kulit garut asli sebagai bukti cinta Indonesia. Jika anda punya dana, jangan beli produk dari kulit imitasi atau sintetis.

Jangan sampai kecewa setelah beli kerajinan kulit

Kamu gak mau kan, setelah beli produk kulit tapi jadi belel alias koyak seperti gambar ini? Mungkin kamu pernah membeli produk dari bahan kulit tetapi nyesel dengan kualitas kulit dari produk tersebut mengecewakan?

kulit palsu terkelupas bikin nyesel beli

Gambar ilustrasi kulit palsu terkelupas yg bikin nyesel beli

Buat kamu yang lagi cari informasi terbaru tentang perbedaan jaket kulit asli dan palsu, maka silakan baca artikel dari Enjoy Leather ini sampai tuntas. Oh iya, cara ini bisa kamu coba pada semua produk dari bahan kulit asli. Baik itu dompet, tas, topi, sepatu & sandal ataupun sarung tangan.

Mengapa kamu perlu tahu perbedaan kulit asli dan palsu?

Sebagai penjual, Enjoy Leather perlu menginformasikan dengan benar kepada customer tentang perbedaan jaket kulit asli dan palsu (imitasi, sintetis, faux leather). Mungkin informasi ini terlihat usang buat kamu yang rajin update informasi terbaru (via internet) atau buat kamu yang telah berpengalaman berbelanja produk dari bahan kulit asli.

Berdasarkan pengalaman kami, gak semua orang tau cara membedakan kulit asli dan palsu. Padahal, ada beberapa uji atau tes kulit asli yang simpel (sederhana) dilakukan saat membeli produk. Memiliki kemampuan bagaimana cara membedakan genuine leather & faux leather akan menjadikan pengalaman berbelanja itu asyik serta menyenangkan

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan kulit asli , kulit sintetis serta jenis kulit lainnya, mari kita fahami dulu apa pengertian kulit asli dan kulit palsu…

Apa itu Kulit Asli

Kulit asli adalah jenis kulit yang berasal dari kulit hewan seperti sapi, kambing, kerbau, domba, harimau, ular, buaya babi ataupun kulit animal lainnya. Kulit asli disebut juga real leather, original leather atau genuine leather dalam bahasa Inggris.

Variasi jenis kulit asli

Dilansir dari laman ebay.co.uk, ada banyak jenis kulit asli di pasaran. Namun, secara umum variasi jenis kulit tersebut dapat digolongkan ke dalam 3 golongan utama, yakni:

  1. Kulit anilin
  2. Kulit semi anilin
  3. Kulit terpigmentasi (pigmented leather)

Ketika hendak membeli produk dari kulit, kami rekomendasikan anda untuk mempertimbangkan penampilan produk yang diinginkan serta berapa lama durasi pemakaian produk tersebut. Setiap jenis kulit asli di atas memiliki sensitivitas yang berbeda.

Kulit anilin murni merupakan jenis kulit yang paling sensitif terhadap pengaruh luar. Oleh karena itu perlu perawatan kulit yang benar. Berikut adalah diagram perbandingan sensitivitas dan kualitas kulit asli.

perbandingan sensitivitas dan kualitas kulit asli
Gambar perbandingan sensitivitas dan kualitas kulit asli via leather-dictionary.com

Yuk kita lihat apa saja jenis kulit di industri konveksi serta bagaimana penjelasan ketiga jenis kulit tersebut di atas.

Kulit anilin

Kulit anilin adalah jenis kulit asli terbaik berkualitas tinggi. Umumnya, kulit anilin diwarnai dengan pewarna khusus yang larut (soluble dye) tanpa menutupnya dengan cat pelapis atas (topcoat paint) atau pigmen tak larut. Jenis kulit ini diperoleh dari lapisan top-grain serta tanpa lapisan pelindung tambahan.

Bila diperhatikan lebih seksama, tekstur kulit anilin betul-betul menyajikan aslinya (genuine) penampilan kulit, misalnya saja ada tanda cakaran pada lapisan kulit. Berikut adalah contoh gambar kulit anilin.

jenis kulit anilin
Gambar jenis kulit anilin via indiamart.com

Permukaan jenis kulit anilin mudah tergores dan menyerap cairan sehingga meninggalkan bekas noda. Selain itu, jenis kulit asli ini akan menjadi pudar pada saat terpapar sinar matahari dalam durasi waktu tertentu.

Kulit semi anilin

Kulit semi anilin adalah kulit asli yang telah mendapat pelapisan tipis pada permukaannya seperti warna & bahan coating lainnya. Pelapisan ini akan membuat kulit menjadi lebih awet (durability) serta tidak mudah ternoda, tetapi masih meninggalkan keaslian kulit. Pelapisan warna ini akan membuat kulit menjadi lebih konsisten permukaannya.

kulit semi anilin
Gambar kulit semi anilin

Kulit terpigmentasi (pigmented leather)

Jenis kulit ini telah mendapatkan pelapisan yang lebih baik dari semi-anilin. Pelapisan sempurna ini menjadikan kulit lebih mengkilap sekaligus berkurang penampakan keaslian kulit. Jenis kulit ini mudah dirawat serta memiliki daya tahan yang baik terhadap noda, pemakaian, sehingga tidak gampang pudar. Jenis kulit ini umum dijumpai pada produk furniture serta otomotif (mobil).

kulit terpigmentasi
kulit terpigmentasi

Selanjutnya… yuk pelajari kulit palsu (faux leather)

Video Jenis Kulit Asli

Apa itu kulit palsu

Kulit palsu (faux leather, sintetis atau imitasi) adalah jenis kulit dibuat dari bahan kain (fabric) kemudian di-treatment secara kimiawi dengan bahan pewarna (dye), lilin (wax) atau poliuretan untuk menghasilkan tekstur dan warna yang mirip dengan kulit. Produk ini hadir untuk memenuhi keinginan orang akan sensasi produk kulit asli tetapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Dilansir dari hidepark.co.uk, jika dibuat menjadi produk jaket, kulit palsu akan cenderung lebih cepat rusak & tidak tahan lama jika dibandingkan kulit asli. Salah satu perbedaan nyata dari kulit asli dan palsu adalah kulit palsu itu anti air (water proof), sedangkan kulit asli tidak water-proof.

Kelebihan dan kekurangan kulit asli dan kulit palsu

Kulit asli & kulit palsu memiliki gradasi kualitas masing-masing. Ada kelebihan dan kekurangan untuk setiap jenis kulit asli & kulit palsu. Yang perlu kamu lakukan sebagai buyer adalah mempertimbangkan beberapa hal seperti kualitas & harga berdasarkan penggunaan produk kerajinan kulit.

Banyak orang yang melihat jaket kulit produk dari kulit sapi atau domba yg asli seperti memiliki ciri-ciri khusus serta berbeda dengan kulit sintetis atau imitasi. Selain itu, setiap jenis bahan kulit asli hewan apakah itu kulit domba, kambing, sapi, buaya (crocodile) & ular punya karakteristik tertentu yang membedakannya dengan jenis kulit palsu.

Bagi kamu yang belum tau caranya, dalam artikel ini, EnjoyLeather.ID akan uraikan tips plus cara membedakan kulit asli dan palsu dengan beberapa tes yang mudah dilakukan. Yuk simak tutorial selengkapnya berikut ini.

Tips & Cara Membedakan Kulit Asli dan Palsu

Membeli produk kulit asli saat ini memang sangat tricky. Terlebih dengan hadirnya toko online yang menyajikan gambar yang menggiurkan. Beberapa orang awam bisa kesulitan untuk menemukan perbedaan antara kulit asli dan kulit palsu (imitasi, sintetis).

Kalo penjual dengan jujur menyebutkan bahwa produk berbahan kulit yang dijualnya emang imitasi atau semi kulit, maka pembeli bisa lebih legowo. Customer bisa memutuskan membeli tanpa menyesal di kemudian hari karena kejujuran pedagang jaket.

cara membedakan kulit asli dan palsu

Yang menjadi masalah adalah adanya oknum penjual yang mengklaim bahwa produk mereka jual adalah terbuat dari kulit asli. Namun, kenyataannya produk tersebut terbuat dari material sintetis atau imitasi. Emang, harga kulit imitasi lebih murah serta memiliki tingkat durabilitas (ketahanan) yang rendah sehingga harga produk dari kulit imitasi juga relatif murah.

Nah, bagi kamu yang bingung bagaimana cara membedakan kulit asli dan palsu, simak tips sederhana (simpel) berikut ini. Baca perlahan satu per satu ya…

Cek Label Produk

cara 1 cek label produk untuk membedakan kulit asli dan palsu

Gambar ilustrasi cara cek label produk untuk membedakan kulit asli dan palsu

Jika kamu sedang berada dalam toko offline yang menjual produk dari kulit tersebut, maka cobalah untuk scanning dari label. Beberapa produk kulit diberi label seperti “Genuine Leather” yang menandakan terbuat dari kulit asli. Beberapa produk kulit lainnya diberi label “Man-made Leather atau “Synthetic Leather” yang berarti kulit tersebut adalah kulit buatan manusia atau sintetis alias imitasi.

Cek Aroma dan Tekstur Kulit

cara 2 cek aroma dan tekstur kulit untuk membedakan kulit asli dan palsu

Gambar ilustrasi cara 2 cek aroma & tekstur kulit untuk membedakan kulit asli dan palsu

Coba untuk mencium aroma & merasakan tekstur dari produk berbahan kulit. Kulit asli cenderung memiliki wangi khas yang tidak dimiliki oleh kulit sintetis. Setiap kulit asli mengalami proses penyamakan (tanning), terkadang bleaching (pemutihan). Proses pengolahan kulit ini menjadikan kulit dari hewan seperti sapi, domba & kambing memiliki aroma khas masing-masing. Umumnya mendekati aroma asal kulit.

Dari segi tekstur, kulit asli cenderung memiliki tekstur yang tidak sempurna jika dibandingkan dengan kulit sintetis. Jika kamu rasakan dengan tangan, maka pada bagian belakang dari kulit sintetis cenderung lebih terasa seperti kain. Lihat serta perhatikan kulit asli yang cenderung lebih berbulu seperti suede. Setidaknya, pori-pori pada kulit asli akan terlihat, hanya kecuali bila memang sudah di-finishing.

Tidak meratanya permukaan kulit tersebut disebabkan oleh penyayatan dan pengelupasan kulit setelah penyembelihan. Selain itu, bagian tertentu dari organ hewan memiliki ketebalan kulit yang berbeda secara alami. Sudah mulai paham kan bedanya kulit asli dan kulit palsu?

Melihat Kerutan Kulit

cara 3 cek kerutan pada kulit asli dan kulit palsu untuk membedakannya

Gambar ilustrasi cara cek kerutan pada kulit asli dan kulit palsu untuk membedakannya

Untuk mengetahui perbedaan kulit asli dan kulit palsu, maka tekan leather goods kamu, serta cek apabila kulit tersebut menghasilkan kerutan. Jika iya, maka itu kulit asli, karena kulit sintetis tidak memiliki elastisitas yang dimiliki kulit asli. Jika produk dari kulit asli ditekan, maka akan menghasilkan kerutan yang terlihat cukup alami. Hal ini berkaitan dengan tekstur kulit yang dibahas sebelumnya. Tekstur kulit asli lebih elastis seperti kulit manusia.

Namun, walaupun ini bisa dipakai sebagai patokan general, ada beberapa tipe kulit asli yang memang lebih keras and tidak menghasilkan kerutan, seperti saffiano leather, atau patent leather.

Menguji dengan Api

cara 3 bakar kulit untuk membedakan kulit asli dan palsu

Gambar ilustrasi cara tes kulit dengan dibakar untuk membedakan kulit asli dan palsu

Sedikit lebih ekstrim, tapi kalian dapat mencoba menguji keaslian kulit dengan membakarnya. Kulit asli tidak akan terbakar. Pada saat pembakaran, kulit asli memiliki bau seperti rambut terbakar (jauh lebih bau dari bakaran kulit sintetis). Kulit imitasi atau sintentis akan langsung terbakar & berbau seperti plastik. Kini kamu dah tahu 4 cara membedakan kulit asli dan palsu loh.

Tips membeli produk dari kulit

Beli di toko terpercaya

Lagu bagaimana jika saya membelinya lewat situs web atau toko online? Tentunya kulit asli akan mempunyai harga yang lebih mahal dari kulit palsu, serta belanjalah dari situs atau toko yang memang terpercaya dengan informasi yang mereka beri. Rekomendasi kami, belanjalah produk dari kulit di toko online EnjoyLeather.ID.

Ketahui Pro dan Kontra tentang beberapa jenis kulit

PU Leather atau Poly Synthetic Leather

  • Terlihat mirip secara visual dengan kulit asli
  • Harganya Jauh lebih murah
  • Tidak tahan lama
  • Warna cepat pudar
  • Dapat kering hingga lapisan atasnya terkelupas (lihat gambar di atas)

Real atau Genuine Leather

  • Harga kulit asli sedikit lebih mahal dari kulit sintetis
  • Daya tahan kuat, hinga puluhan tahun jika dirawat dengan baik
  • Dapat patina dengan indah seiring pemakaian
  • Pada saat warna mungkin mulai pudar, dapat menggunakan treatment untuk mengeluarkan warnanya lagi
  • Tidak akan terkelupas, namun dapat kering & sesekali memerlukan treatment

Kesimpulan dan Rekomendasi

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu dapat cara membedakan kulit asli dan palsu. Bagikan pengetahuan tentang pemilihan leather goods berkualitas dengan orang tersayang.

Artikel ini ditulis ulang dari laman marketplays.id yang membicarakan tentang cara membedakan kulit asli dan kulit palsu. Penting banget info ini untuk biker Harley yang pake model jaket kulit terbaru. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih.

Buat kamu yang pengen order jaket kulit pria atau wanita dengan model custom, maka kamu bisa pesan di Enjoy Leather. Produsen jaket kulit Garut terbaik ini telah berpengalaman merancang & membuat jaket kulit formal-casual, modern-klasik, cowok-cewek dengan berbagai asesorisnya.

Tags:Apa itu Genuine Leather? Apa Bedanya dengan, ciri dompet crocodile asli, ciri dompet kulit asli, Ciri ciri tas kulit asli, ciri ciri dompet kulit asli, cara membedakan dompet kulit buaya asli dan palsu, ciri ciri kulit sapi, cara membedakan kulit asli, harga topi rimba polos, ciri tas kulit asli, jual dompet kulit garut kabupaten garut jawa barat, ciri ciri dompet kulit sapi asli, membedakan kulit asli dan sintetis, harga tas pinggang kulit garut, ciri bahan kulit asli, cara membedakan kulit buaya asli dan palsu, perbedaan dompet kulit buaya asli dan palsu, membedakan kulit asli dan palsu, https://enjoyleather id/cara-membedakan-kulit-asli-dan-palsu/, ciri ciri kulit asli, Cara menguji dompet ku, cara cek jaket kulit asli, ciri ciri jaket kulit, cek keaslian sabuk kulit, tanda tas kulit asli, ciri khusus sepatu kulit buaya asli, produk mesin geser logam PRODUK Indonesia loc:ID, cara membedakan tas kulit asli dan sintetis, perbedaan jaket semi kulit dengan kulit asli, cara mengetahui dompet kulit buaya, perbedaan dompet kulit asli, ciri ciri dompet kulitbuaya, cara bedain sepatu kulit asli dan palsu, cara bedakan kulit asli, bengkel fabrikasi logam BERANDA PT loc:ID, ciri kulit sapi, industri lembaran logam about Indonesia loc:ID, stamping logam bekerja PRODUK Indonesia loc:ID, beda kulit asli dan sintetis, beda kulit sintetis dan asli, contoh kulit asli, cara membedakan ikat pinggang kukit, sepatu kulit asli, sepatu kulit buaya asli, tips membedakan kulit asli dan palsu, Cara membedakan kulit aali, cara membedakan dompet kulit asli dengan palsu, cara membedakan dompet kulit ular asli sama salsu, cara membedakan dompet kulit yg asli dengan yg kulit imitasi, cara membedakan kuli

Diupdate pada oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp Kontak CS