Jenis Kulit Binatang Untuk Bahan Kerajinan, Karakteristik & Sifat

Jenis Kulit Binatang Untuk Bahan Kerajinan, Karakteristik & Sifat

Jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan memiliki karakteristik dan sifat tekstur khas. Ukuran kulit hewan umumnya tidak seragam. Beberapa binatang yang kulitnya paling berharga dibuat menjadi kerajinan tangan yang harganya paling mahal. Contoh produk kerajinan dari kulit binatang adalah jaket, sepatu, sandal, tas, sarung tangan, topi dan ikat pinggang.

Kamu bisa lihat koleksi jaket kulit sapi, jaket kulit domba, kambing dan produk kerajinan kulit lainnya di toko Enjoy Leather.

Ada beraneka macam jenis bahan dari kulit yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan jaket kulit. Pada dasarnya, semua kulit hewan bisa digunakan sebagai material jaket kulit. Kamu perlu memperhatikan kualitas dan karakteristik kulitnya.

Yuk simak binatang apa saja yang kulitnya mahal…

Jenis Kulit Binatang Untuk Bahan Kerajinan Berharga Mahal

Beberapa hewan yang kulitnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan adalah kulit sapi, bison, rusa, kambing, domba, babi dan anak sapi. Salah satu manfaat kulit hewan bagi manusia adalah digunakan sebagai bahan baku pembuatan jaket kulit.

Tidak ada jenis kulit terbaik untuk jaket karena setiap jenis kulit memiliki karakteristik yang unik dan daya tahan yang berbeda. Kamu perlu tahu tujuan kamu beli jaket kulit. Apakah untuk pemakain luar atau dalam ruangan? Berikut ini beberapajenis kulit binatang untuk bahan kerajinan dilansir dari overland.com:

Kulit sapi

Jaket kulit sapi paling disukai pecinta jaket kulit karena kelebihannya. Kelebihan kulit sapi adalah sebagai berikut:

  1. Tersedia dalam jumlah banyak
  2. Harganya lebih murah
  3. Karakteristiknya lebih baik dibandingkan jenis kulit hewan lainnya, seperti lebih keras (tough), lebih tahan lama (awet)
  4. Memiliki daya tahan (resistensi) yang baik terhadap air dan debu.

Jaket kulit motor terbaik umumnya dibuat dari kulit sapi. Jaket yang dibuat dari kulit sapi memang didesain untuk digunakan dalam aktivitas outdoor. Jaket dari bahan kulit sapi memberikan perlindungan yang baik dari pengaruh cuaca dan udara. Namun, kamu perlu waktu untuk membiasakan pemakaiannya saat baru beli karena jaket dari kulit sapi punya tekstur yg cenderung lebih kaku (stiff).

Beberapa produsen dan konveksi jaket kulit motor mampu membuat model jaket kulit untuk tampilan casual dan formal. Salah satu pabrik jaket kulit motor yang kami rekomendasikan adalah Enjoy Leather Garut. 

Jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan selanjutnya adalah kulit bison. Berikut penjelasannya

Kulit bison

Karakteristik kulit bison sangat mirip dengan kulit sapi, terutama dalam hal kekuatan dan ketahanannya. Kulit bison memiliki pola serat alami yang tidak dimiliki oleh kulit sapi.

Kulit bison terlihat simple (earthy). Karakteristik tekstur kulit bison ini mampu memberikan perlindungan maksimal untuk pengendara motor sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi bikers pecinta jaket kulit.

Kulit rusa

Ciri kulit rusa adalah rapat dan memiliki daya tahan yang sangat bagus. Karena kaakteristik tersebut, kulit rusa tidak hanya cocok dijadikan jaket kulit, tetapi ideal dibuat sarung tangan dan tas kulit.

Tekstur kulit rusa sangat lentur (supple).  Semakin sering kamu pake jaket kulit rusa maka akan semakin empuk dan nyaman (lentur). Kulit rusa memiliki sifat daya tahan yang sama dengan kulit sapi tetapi lebih lembut teksturnya dan lebih elegan ketika dipakai.

Kulit kambing

Jaket kulit kambing juga tak kalah menarik dari bahan jaket kulit lainnya. Seperti kulit rusa, kulit kambing juga bertekstur lembut, ringan dan lebih lentur daripada kulit sapi.

Semakin lama jaket kulit kambing dipakai  maka penampilannya akan lebih baik dibandingkan dengan beli baru. Namun tetep mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Kulit kambing juga memilki pola yang khas dengan serat kerutan pada permukaannya. Tentara angakatan laut dan angkatan udara Amerika Serikat menggunakan jaket kulit kambing, yakni model G-1 dan A-2.

Kulit domba (Lambskin)

Banyak pecinta jaket kulit menyebutkan bahwa kulit domba memberikan kelembutan (softness) dan kelenturan (suppleness) dan kenyamanan pemakaian (wearability) yang paling bagus dibandingkan jenis kulit lainnya.

Kulit domba adalah crème de la crème untuk kategori leather. Kulit ini punya tekstur yang mewah dan memberikan kelebihan yang lengkap secara alami, yakni elegan, sangat lembut dan ringan serta tahan lama. Jaket kulit yang terbuat dari kulit domba dapat dipakai dengan nyaman sepanjang tahun.

Jenis Kulit Binatang Untuk Bahan Kerajinan, Karakteristik & Sifat
Gambar Jenis Kulit Binatang Untuk Bahan Kerajinan

Beberapa jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan di atas sangat populer di Indonesia. Banyak perusahaan konveksi, pabrik dan sentra industri kerajinan kulit yang menggunakannya sebagai bahan baku.

Kulit anak sapi (calfskin)

Jaket kulit anak sapi tidak berbeda jauh dengan jaket kulit sapi. Namun, jaket dari kulit anak sapi dinilai lebih lembut, lebih terasa nyaman, dan permukaan yang lebih halus (smooth).

Karakteristik kulit anak sapi adalah lebih tebal dan lebih berat dibandingkan kulit domba tetapi lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan kulit sapi. Oleh karena itu, jaket dari kulit anak sapi bisa dikatakan merupakan kombinasi antara jaket kulit sapi dan jaket kulit domba karena lentur seperti kulit sapi dan terasa ringan seperti kulit domba.

Kulit babi

Jaket kulit babi juga menjadi pilihan pecinta jaket kulit yang lebih mempertimbangkan harga. Jaket kulit dengan bahan ini memiliki harga lebih rendah dari jaket kulit lainnya, namun kualitasnya kurang tahan lama. Meskipun begitu, jenis jaket kulit ini memiliki warna yang mengkilap sehingga tetap terlihat apik.

Enjoy leather tidak merekomendasikan anda untuk membeli jaket dari kulit babi. Terutama buat kaum muslimin dan muslimah. Lihat model jaket kulit wanita terbaru ini ya.

Kulit kuda

Karakteristik kulit kuda sedikit lebih kaku dibandingkan kulit sapi dan sangat durable. Tekstur kulit kuda adalah grain lebih halus dan berkilau. Pengrajin perlu usaha lebih untuk mengolah kulit kuda yang kaku.

Kulit kanguru

Kulit kanguru mirip dengan kulit sapi. Perbedannya adalah kulit kanguru lebih tipis dan lebih keras. Kulit kanguru tidak lazim dibuat menjadi kerajinan kulit sehingga kalo pun ada harganya menjadi premium (mahal).

Kulit buaya atau alligator

Kulit buaya dan alligator sangat mirip. Cirinya adalah pola kotak-kotak pada permukaan kulit. Kulit buaya memiliki folikel (titik kecil) yang terlihat (visible) pada setiap kotaknya, sedangkan pada kulit alligator tidak terlihat. Jaket kulit buaya sangat mahal. Harganya bisa 20 kali lebih mahal dibandingkan kulit sapi atau kulit domba.

Bahan kulit terbaik

Faktor paling penting menentukan harga sebuah jaket kulit adalah kualitas bahan kulit (leather). Jaket kulit murah umumnya menggunakan bahan kulit olahan (corrected leather).

Hewan yang telah mempunyai goresan, cap, dan tanda di kulitnya perlu treatment khusus. Kulit seperti itu akan di sanding, bahkan terkadang bahan kulit faux akan dipres ke dalamnya kemudian diberi lapisan warna sehingga tampilannya lebih seragam (uniform). Orang menyebutnya dengan bahan semi kulit. Kulit faux adalah bahan sintetis kimiawi yang kurang ramah buat lingkungan. Kamu perlu tahu perbedaan kulit asli dan kulit palsu.

Jadi, tidak ada jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan yang terbaik untuk semua jenis produk. Setiap jenis kulit punya karakteristik dan sifat uniknya masin-masing.

Karena treatment pelapisan pada kulit hewan tersebut, maka teksturnya akan sangat halus, kesan plastik. Tentunya sangat berbeda dengan kulit asli yang lembut, berminyak dan tekstur alami kulit yang khas

Struktur Kulit Hewan

Orang awam akan bingung karena adanya mis-informasi tentang faktor yang menentukan kualitas kulit. Oleh karenanya, mereka akan bingung memilih jaket dari bahan kulit. Coba kamu lihat gambar struktur kulit binatang berikut ini. Dari bagian tersebut dibuat menjadi jaket kulit yang bermacam-macam jenisnya.

jenis kulit berdasarkan struktur
Gambar struktur kulit hewan

Apakah kamu pernah mendengar saran dari orang lain supaya jangan membeli jaket kulit dari bahan top grain? Atau, carilah jaket kulit dari bahan full grain. Alasannya adalah top grain leather adalah jenis kulit jelek yang telah diolah (corrected leather).

Sebagian dari alasan tersebut memang ada benarnya. Lalu apa saja contoh produk dari jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan? Berikut penjelasannya.

Full grain leather (kulit full grain)

Kulit full grain umumnya kulit yang tidak diubah dan asli kulit alami (polanya merupakan bawaan kulit hewan tersebut). Kulit ini disukai karena pori-porinya yang alami sehingga membuat udara dapat terserap dengan baik. Apabila diberi minyak alami, kulit akan terasa sangat lembut.

Kelemahan full grain leather adalah jenis kulit ini memiliki tanda alami, luka dan cacat bawaan hewan tersebut. Kulit ini juga lebih tebal sehingga bisa digunakan sebagai bahan jaket yang kurang memperhatikan kenyamanan.

Top grain leather (kulit top grain)

Kulit top grain merupakan kulit yang dipilih dari lapisan bawah, disebut corium. Membagi top grain dari lapisan corium menghasilkan kulit yang lebih tipis, membuat jaket terasa lebih nyaman.

Corrected leather (kulit olahan)

Kulit olahan atau corrected leather adalah jenis kulit yang diperbaiki untuk menutupi tanda atau luka yang tidak diharapkan atau terlihat kurang bagus. Proses ini menghilangkan tektur aslinya, kemudian diberikan kulit binatang palsu dengan melakukan pengepresan secara mekanis.

Kulit corrected dilapisi dengan perawatan topikal, minyak dan pewarna, untuk membuatnya lebih menarik. Hasilnya adalah butiran yang seragam, kulit super halus yang sangat “plastik”. Kulit corrected selalu dibuat dari kulit top grain, tapi tidak semua kulit top grain mendapatkan tindakan perbaikan. Corecteed leather jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan yang tidak rekomended.

Uncorrected, high quality top grain leather (Kulit asli alami)

Jeni kulit ini (naked leather) tidak diproses terlalu banyak. Kadang jenis kulit ini dilapisi dengan bahan tertentu untuk memberikan tampilan unik. Dilansir dari effortlessgent.com jenis kulit domba yang di waxing akan terlihat tidak terlalu mengkilap dan lebih lembut, seperti sentuhan waxy.

Yang paling penting untuk diingat oleh customer adalah kulit full grain dan kulit top grain sangatlah berbeda, terlebih lagi ketika kamu memilih bahan kulit terbaik untuk jaket. Jaket dari kulit full grain bisa tidak nyaman dibandingkan dengan jaket top grain karena ketebalannya.

Sifat dan karakteristik bahan kerajinan dari kulit asli

Salah satu alasan orang membeli produk kerajinan dari kulit hewan adalah daya tahannya (durability). Secara umum, daya tahan kulit hewan dipengaruhi oleh ukuran hewan.

Semakin besar ukuran hewan, maka semakin tebal dan berat kulit yang dihasilkan. Oleh karena itu wajar kiranya jika jaket kulit yang dibuat dari kulit sapi memiliki karakteristik tekstur yang lebih tebal dan lebih kaku. Contoh kerajinan dari bahan kulit lainnya adalah sarung tangan, sepatu, tas, topi, ikat pinggang, sandal , dan dompet.

Jadi, kini kamu sudah tahu jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan. Berikut ini beberapa sifat dan ciri dari bahan kulit hewan:

Tahan panas

Bahan jaket kulit tahan terhadap panas. Jenis material ini menahan panas dengan baik karena udara dalam jumlah besar terperangkap di dalam material ini. Udara merupakan konduktor panas yang buruk dan membuat material ini resisten terhadap panas.

Daya regang yang bagus

Bahan jaket kulit mempunyai sifat meregang dengan baik dan tahan ditarik tergantung dari jenis kulit yang digunakan atau metode penyamakan. Kulit juga resisten terhadap abrasi dalam kondisi basah dan kering.

Elastisitas yang baik

Kulit cenderung elastis seperti plastik. Bahan ini juga bisa dibuat menjadi keras atau dibuat lentur. Penetrasi air pada kulit tergantung pada wettability (kemampuan air membasahi benda padat) dari serat kulit, ini dipengaruhi oleh metode penyamakan yang digunakan.

Tahan bahan kimia

Kulit juga tahan terhadap panas dan nyala api. Material ini juga tahan terhadap asam lemah dan alkali lemah. Asam kuat dan alkali kuat secara kimiawi dapat menurunkan kualitas kulit, namun material ini tidak terpengaruh oleh asam dan alkali lemah.

Semoga artikel tentang jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan ini bermanfaat. Sudah lihat koleksi model jaket kulit terbaru dari Enjoy Leather Shop?

Jenis Kulit Binatang Untuk Bahan Kerajinan, Karakteristik & Sifat
4.9 (98.75%) 32 votes

Tags:binatang kulitnya mahal, kulitnya mahal, contoh macam warna kulit kambing, hewan kulitnya mahal, binatangnya kulitnya mahal, binatang kulit mahal, binatang apa yg kulit nya mahal, Binatang apa yg kulitnya m, kulit hewan paling mahal, kerajinan kulit hewan, Binatang kulit nya mahal, Binatang yg kulitnya mahal, binatang yang kulitnya mahal, hewan berkulit mahal, bahan kulit dari binatang apa yang paling bagus, binatang yang kulitnya paling mahal, Kelebihan dompet dari kulit serat bona, hewan berbuntut panjang kulitnya mahal, binatangnya kulitnya mahal bintang apa, binatang apa yg kulitnya mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
08112132798