Jenis Leather untuk Pembuatan Jaket Kulit Sepatu Tas Topi Sandal

Jenis leather untuk pembuatan jaket, sepatu, tas, topi , sarung tangan & sandal ada beberapa. Beberapa diantaranya adalah genuine leather, PU (Poli Uretan) Leather, full grain leather, pull up leather, milling leather dan leather sintetis.

Yuk simak penjelasan dari Enjoy Leather, Produsen dan perusahaan konveksi kerajinan kulit asli Garut.

Jenis Leather Finish

Jenis Leather untuk Pembuatan Jaket Kulit Sepatu Tas Topi Sandal
Jenis Leather

Kulit jadi (leather) diberikan beberapa perlakukan untuk memperbaiki karakteristik aslinya. Beberapa bahan yang ditambahkan adalah Napp, Anilin, semi-anilin, bahan pigmen, milling dan pebble grain. Yuk kita simak perbedaan lebih mendasar beberapa jenis leather tersebut. Pembahasan ini merupakan alih bahasa dari lussoleather.com dengan editing seperlunya.

Kulit Anilin (aniline dyed leather)

Kulit aniline adalah jenis kulit olahan yang paling terlihat alami seperti aslinya karena karakteristik permukaan kulit yang unik tetap terlihat. Jenis leather anilin tidak dilapisi polimer atau pigmen.

Bahan aniline yang transparan membuat kulit tampak seperti aslinya. Hanya jenis kualitas kulit terbaik (super) saja yang dapat diwarnai (dicelup) dengan bahan aniline. Metode pewarnaan yang baik menghasilkan kulit yang sangat lembut dan terkesan mewah. Kulit aniline digolongkan ek dalam leather kualitas premium.

Kulit Semi Anilin

Kulit semi anilin adalah jenis kulit yang dihasilkan dari pencelupan anlini dan sedikit pigmen sehingga karakteristik alaminya tetap terlihat. Cara pengolahan kulit dengan bahan semi-transparan ini mampu melindungi kulit dari pudar tetapi tidak seluruhnya melindungi permukaan leather.

Kulit Nappa

Nappa adalah istilah umum yang diberikan untuk mewakili kulit yang halus dan lembut. Sebagian besar jenis leather nappa dibuat dari bahan top grain yang di sanding (ampelas) untuk menghilangkan cacat dan selanjutnya di lapisi dengan pigmen. Untuk pembuatan kerajinan seperti jaket kulit tertentu tidak perlu menggunakan bahan terbaik karena adanya pelapisan. Oleh karena itu, jenis kulit nappa lebih murah harganya dibandingkan kulit aniline dan semi-anilin.

Kulit milling (dry milled leather)

Kulit milling adalah jenis leather yang dihasilkan dengan cara menempatkan kulit di dalam drum besar kemudian diputar/guling sehingga menghasilkan kulit yang lebih lembut (softer). Proses perlakuan leather seperti ini dapat mengakibatkan munculnya motif benjolan (pebble) di permukaan leather.

Kulit warna (pigmented leather)

Kulit warna terlapisi partikel pigmen sehingga kulit terlihat opaque. Kesan permukaan kulit warna terlihat seperti plastik. Meskipun memungkinkan kulit mengalami breathe (sehingga empuk) namun penyerapan air atau conditioner akan sangat lambat. Kualitas kulit asli tidak terlihat pada kulit warna dan jenis kulit ini tidak mudah tergores. Kulit warna banyak digunakan untuk furniture, pelapis jok mobil dan jaket kulit anti air (waterproof leather jacket).

Untuk membuat jaket kulit anda lebih awet, maka silakan baca ulasan kami tentang cara merawat jaket kulit dan cara mencuci jaket kulit. Simple and easy to apply.

Jenis Kulit Nubuck dan Suede

Jenis Kulit Nubuck dan Suede

Jenis kulit nubuck dan suede adalah jenis leather yang telah dihaluskan (buffed) untuk menghasilkan kulit selembut beludru. Ada perbedaan antara kulit nubuck dan suede. Jenis kulit nubuck dihaluskan pda lapisan permukaan grain, sedangkan suede adalah kulit yang dihaluskan pada sisi dalam (bersinggungan dengan daging).

Sisi grain merupakan bagian kulit yang keras (toughest) sehingga kulit nubuck cenderung lebih awet dibandingkan dengan kulit suede. Oleh karena itu wajar kalo kulit nubuck lebih mahal harganya dibandingkan dengan kulit suede. Kulit suede terbuat dari pemisahan kulit (split) sehingga lebih lembut, lebih porous (mudah menyerap cairan) dan kurang tahan terhadap lecet dan noda.

Jenis Kulit Timbul (Embossed Leather Types)

Kulit emboss merupakan jenis leather yang permukaannya timbul. Cara membuat kulit emboss adalah dengan melakukan stamping (stempel) dengan motif tertentu pada suhu dan tekanan tinggi. Ada beberapa motif stamping yang menghasilan kulit timbul. Beberapa diantaranya adalah motif kulit buaya, ular, alligator, bunga, saffiano dan pola kulit hewan lainnya.

Pemberian pola dengan cara stamping memberikan penampilan yang dekoratif dan kreatif. Proses ini membuat kulit anti air dan minyak. Perlakuan panas pada leather dapat mengurangi overheating kulit saat terpapar sinar matahari.

Leather Motif Kulit Buaya

Stempel yang bermotif kulit buaya saat dipanaskan dan ditempelkan ke leather akan menghasilkan leather bermotif kulit buaya. Jenis leather (kulit) ini berbeda dengan kulit buaya asli dalam hal durability dan harga.

Leather motif Kulit Ular

Stamping berpola kulit ular saat dipress ke kulit domba atau sapi pada suhu tinggi akan menghasilkan leather motif kulit ular. Prosesnya mirip dengan pembuatan kulit sapi bermotif kulit buaya.

Leather pola Kulit Saffiano

Jenis kulit saffiano adalah jenis leather bertekstur anyaman (cross-hatch) yang diproduksi menggunakan mesin. Terkadang jenis kulit ini juga diberikan bahan wax (lilin) sehingga lebih tahan terhadap goresan (scratch), lebih awet dan mudah dibersihkan. Beberapa merk fashion ternama membuat dompet kulit dengan bahan kulit saffiano.

Jenis Kulit Printing

Jenis Kulit Printing

Leather merupakan bahan yang banyak digunakan untuk membuat jaket, sepatu, dompet, sandal, dan topi. Perkembangan teknologi elektronik sat ini memungkinkan meletakkan gambar yang dicetak di atas kulit dan disebut dengan kulit printing, baik itu kulit asli ataupun kulit sintetis. Bahkan ada perusahaan yang menjual mesin printing kulit (jenis leather print).

Aplikasi teknologi percetakan di dunia fashion terutama jaket kulit pria dan wanita cukup luas. Hal ini untuk memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan jaket kulit custom (berbeda dengan yang lain). Misalnya saja pada bidang fashion, automotif, interior rumah (furniture), dan lainnya.

Rekomendasi Pesan Jaket Kulit Custom Asli Garut

Buat kamu anak muda Indonesia yang pengen pake jaket kulit formal atau casual, silakan lihat katalog yang berisi model jaket kulit terbaru di Enjoy Leather SHOP. Jika ada model yang disukai ada, segera order dan hubungi CS kami. Jika anda punya model jaket kulit sendiri, Enjoy Leather pun siap membuatkannya buat anda, tak terkecuali jaket kulit motor.

Jenis Leather untuk Pembuatan Jaket Kulit Sepatu Tas Topi Sandal
5 (100%) 35 vote[s]

Tags:bahan leather, leather waterproof pengertian, bahan upper leather milling, bahanpembuatanjaketkulitsapimentah, Karakte leather tas, jenis leater, full grain leather vs pull up leather, kulit milling adalah, kulit sintetis untuk bedug, leather upper adalah, Agen bahan kulit domba, Merawat tas bahan premium suede real leather, print kulit sintetis jakarta, produck full grain leather, kulit milling, kulit milled leather tidak awet, kulit milled leather jelek?, kulit mill leather adalah, Kualiyakulit sintetis garut, harga kain kulit asli, full grain leather sama pull up leather bagus mana, Car mbedakan genuine leather dengan full grain leather, bahan semi pull up, bagus mana kulit full grain dengan pull up, teknik print bahan synthetic leather

Diupdate pada oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Order? WA 08112132798