Cara Mencuci Jaket Kulit Asli & Sintetis yang Benar Bersih

Jaket kulit yang dipakai atau disimpan terlalu lama akan menjadi kotor, bau dan berjamur. Untuk mengatasinya, kamu perlu tahu cara mencuci jaket kulit yang benar.

Pada dasarnya, cara mencuci jaket kulit asli perlu lebih kehati-hatian dibandingkan mencuci jaket kulit sintetis.

Hari ini Sabtu, 27 November 2021, Enjoy Leather akan kasih tips dan tutorial cara mencuci jaket kulit.

Cara yang Benar Mencuci Jaket Kulit Berjamur

Alat dan bahan untuk mencuci

  • Air
  • Shampoo bayi
  • Sikat lembut
  • Spons
  • Kain lap atau handuk

Langkah-langkah cara mencuci jaket kulit yang berjamur:

1. Campurkan air hangat dan shampoo bayi

Langkah pertama adalah mencampurkan air dan shampoo bayi.

Masukkan sampo bayi ke dalam air hangat suam-suam kuku secukupnya. Aduk-aduk campuran hingga berbuih.

Nantinya akan digunakan buih/busanya saja untuk mencuci jaket.

2. Cek apakah jaket luntur atau tidak

Sebelum mencuci jaket kulit, tes terlebih dahulu jaket kulit anda dengan menggunakan kain berwarna putih. Carilah bagian yang tersembunyi, seperti bagian bawah kerah.

Usapkan air campuran pada jaket.

Jika jaket kulit anda luntur maka ada baiknya proses pencucian tidak usah dilanjutkan.

Untuk mencuci jaket yang luntur, cukup gunakan air hangat (suam-suam kuku) dan lap lembab.

Namun, Jika jaket kulit anda tidak luntur, lanjutkan proses pencucian.

Setiap kulit hewan untuk kerajinan itu punya ciri khas. Kulit sapi cenderung lebih kaku dibandingkan dengan kulit kambing atau domba. Jadi, kelenturan setiap jenis kulit itu berbeda-beda.

3. Mengusap jaket kulit berjamur dengan spons

Celupkan spons ke dalam busa. Usapkan pada jaket kulit yang berjamur. Kalau bisa satu arah saja.

4. Menyikat dengan sikat bulu kuda

Setelah permukaan jaket kulit menjadi basah karena diusap busa dari spons, segera sikat dengan sikat bulu kuda. Jika tidak ada, maka gunakan sikat yang lembut.

5. Lap dengan handuk

Seka sisa busa sampo yang melekat di jaket dengan kain microfiber atau handuk.

6. Ulangi langkah 3-5 untuk seluruh permukaan jaket kulit

Lakukan pembersihan noda secara bertahap dengan per bagian. Hal ini untuk memaksimalkan pembersihan.

Tips:

Jangan mencuci jaket kulit dengan sabun atau deterjen

Jangan merendam jaket kulit dalam air

7. Mengangin-anginkan jaket kulit

Pasangkan hanger dan gantung jaket kulit yang telah dicuci. Kemudian, angin-anginkan jaket kulit.

Ingat jangan menjemur jaket kulit dibawah terik matahari karena akan membuat tekstur kulit menjadi kering dan kaku.

Keringkan sisa-sisa busa sabun menggunakan kain microfiber atau handuk kering yang ditekan secara lembut ke jaket kulit.

Tips:

Untuk mengeringkan jaket kulit setelah kehujanan pun caranya dengan diangin-anginkan. Agar warna cat kulit (hitam, coklat) tidak pudar dan rusak, maka gantungkan jaket kulit atau letakkan di atas meja. Lap jaket yang kena air bekas hujan dengan kain lap lembut.

8. Menyemprotkan uap kering

Semprotkan uap panas yang kering ke bagian dalam dan luar jaket kulit. Semprot bagian dalam terlebih dahulu baru dilanjutkan bagian luar jaket.

Proses ini disebut dengan dry cleaning.

9. Menyimpan jaket kulit

Sebelum disimpan, pastikan jaket kulit benar-benar dalam kondisi kering. Pasalnya, jika disimpan dalam keadaan lembap maka akan berpotensi tumbuh jamur.

Lemari buat menyimpan jaket kulit pun juga perlu dipastikan dalam kondisi kering. Dengan demikian, jaket kulitmu tidak berjamur (jamuran).

Tip:

Lebih bagus jika jaket dihanger dalam kantung plastik yang telah diberi silica gel. Silica gel adalah bahan yang menyerap uap air.

Baca juga artikel kami tentang cara merawat jaket kulit agar awet.

Tips Mencuci Jaket Kulit

Jangan gunakan pemutih (bleaching)

Dilansir dr laman diynetwork.com, sangat disarankan untuk tidak mencuci jaket kulit dengan pembersih yang mengandung bahan pemutih seperti ammonia.

Jangan menggunakan pembersih yang berbasis amonia atau pemucat (bleach) untuk membersihkan jaket kulit. Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan menjadi sangat kering bahkan retak (crack). Jangan terlalu banyak menggunakan air saat mencuci karena air dapat menyebabkan noda (stain) pada jaket kulit anda.

Amonia bisa menyebabkan jaket kulit menjadi kering dan retak-retak sehingga permukaan jaket kulit pun rusak.

Gunakan shampoo

Gunakan shampoo dan pelembut/pewangi.

Jangan menggunakan deterjan atau sabun yang karakternya panas karena bisa merusak tekstur kulit. Kulit akan menjadi kaku dan keras.

Segera bersihkan kotoran yang menempel

Mungkin suatu waktu, kamu pernah bepergian pakai jaket kulit. Jaket kamu jadi kotor karena debu. Kotoran tersebut segera bersihkan sehingga tidak meninggalkan bekas noda. Untuk noda yang membandel gunakan cara berikut.

Segera bersihkan kotoran atau noda yang menempel di permukaan jaket kulit dengan kain lembut. Tujuannya adalah supaya kotoran tidak menempel secara permanen (noda). Jika dibiarkan, noda akan masuk ke dalam pori-pori jaket kulit. Akibatnya, kotoran menjadi sulit dibersihkan. Ukuran pori-pori jaket kulit bergantung pada ukuran hewan yang kulitnya dibuat menjadi kerajinan.

Wikihow menuturkan ada 3 cara utama untuk membersihkan jaket kulit. Diantaranya adalah

  • Membersihkan jaket kulit dengan air sabun
  • Membersihkan jaket kulit dengan cairan pembersih
  • Membersihkan jaket kulit dengan conditioner kulit

Jangan mencuci jaket kulit dengan mesin cuci

tips perawatan jaket kulit jangan gunakan mesin cuci

Mencuci dengan menggunakan mesin cuci sangat tidak dianjurkan, namun jika anda terpaksa harus mencuci dengan mesin cuci maka gunakanlah sabun yang lembut dan jaket kulit anda harus dibungkus oleh tas laundry. Hal ini untuk mencegah kerusakan jaket karena putaran mesin cuci, untuk meminimalkan resiko kerusakan seting mesin cuci anda ke mode soft.

Kamu juga perlu mengenal jenis kulit kamu, apakah model bomber, model parka atau model lainnya. Dalam setiap pembelian, biasanya disertakan manual guide perawatan jaket kulit. Lihat dan ikuti panduan tersebut.

Cara mencuci jaket kulit dengan benar menjadi penting untuk anda ketahui supaya jaket menjadi lebih awet (tahan lama). Apapun bahan jaket kulit (domba, sapi, kambing) anda, jangan menggunakan mesin cuci seperti halnya anda mencuci jeans atau baju biasa. Jadi, mencuci jaket kulit dengan mesin cuci adalah tindakan yang tidak tepat.

Letakkan jaket di atas meja

Jika Anda mencuci dengan mesin cuci, jaket kulit tidak boleh dijemur dengan cara digantung. Bentuk jaket anda akan mengikuti bentuk gantungan.

Letakkan saja jaket di atas meja, tekan-tekan dengan menggunakan handuk kering agar proses penjemuran lebih cepat. Agar jaket kulit anda tidak bernoda, ada baiknya ketika terkena noda, Anda langsung membersihkannya sehingga tidak meninggalkan bekas. Sudah tahu tips dan cara mencuci jaket kulit yang benar ya sekarang?

Tips sederhana perawatan jaket kulit lainnya ini dapat anda terapkan di rumah.

Mengapa Jaket Kulit Perlu Dicuci dengan Benar?

Cara Mencuci Jaket Kulit, Tips Membersihkan & Merawat Jaket Kulit

Tak peduli dari jenis kulit apa pun jaket kamu dibuat (apakah itu suede, kalep, semi kulit, oscar, kulit kw atau bekas, kulit imitasi atau sintetik atau jenis kulit lainnya), kamu tetap perlu tahu cara mencuci jaket.

Emang betul… kamu bisa mencuci jaket di tempat laundry, namun ada beberapa pusat jasa laundry pencucian jaket yang tidak faham tentang kulit.

Laundry cuci jaket kulit umumnya ada di kota besar. Kamu bisa jumpai laudry di Bandung, Depok, Bekasi, Bintaro, Jakarta (utara, selatan, barat, timur, pusat), Tangerang, Ciledug, Kelapa Gading, Bogor, Medan dan kota besar lainnya.

Cek juga layanan jasa pembersihan jaket kulit terdekat di kotamu.

Agar jaket kulit tidak rusak

Kulit hewan merupakan bahan alami dalam pembuatan jaket, sehingga perlu perawatan khusus untuk membuatnya tetap awet dan kelihatan baru.

Sekalipun jaket kulit adalah jenis fashion yang bertahan lama, namun cara perawatan yang tikda tepat justru bisa merusaknya seperti jadi bulukan. Oh iya, perawatan jaket kulit yang baik dan benar bisa memperpanjang umur jaket kulit.

Karena harga jaket kulit asli lebih mahal

Enjoy leather telah menjelaskan analisa harga jual jaket kulit dalam artikel bisnis jaket kulit. Di artikel tersebut dijelaskan bahwa harga dasar kulit asli domba super (lainnya kulit kambing, kulit sapi) sendiri sudah mahal, sekitar 300 ribuan. Oleh karena itu, wajar kiranya harga jaket kulit asli lebih mahal dari jaket kulit sintetis (imitasi) atau jaket semi kulit yg lebih murah harganya.

Kamu gak mau kan, produk fashion berharga mahal justru rusak karena perawatan yang salah apalagi dg biaya mahal? So, kamu perlu baca cara mencuci jaket kulit asli yang benar

Harga jaket kulit di Denpasar Bali tidak berbeda jauh dengan di kota lainnya seperti Jogja, Surabaya, Semarang, Solo, Malang, Makassar, Tulungagung. Kamu bisa cek juga cek daftar harga jaket kulit terbaru di kedai online seperti Zara. Selain merk (seperti Cardinal atau Armani), asesoris dan variasi puring bisa menyebabkan perbedaan harga jaket kulit asli.

Buat kamu yang pengen order jaket kulit custom, kamu bisa order di konveksi jaket kulit Garut, Enjoy Leather

Silakan lihat model jaket kulit terbaru dalam katalog online toko Enjoy Leather terlebih dahulu.

Selanjutnyna hubungi kami via WA.

4.9/5 - (37 votes)
Tags:cara mencuci jaket kulit, lotion untuk jaket kulit, cara merawat jaket kulit dengan minyak zaitun, Bolehkah mencuci jaket kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Order Jaket? WA 08112132798