Bisnis Jaket Kulit: Modal & Tips Peluang Usaha dg Pusat Jaket Kulit

Bisnis jaket kulit dapat dimulai secara online dengan modal minim dan kerjasama dengan pusat jaket kulit Garut. Sebelum memulai usaha jaket kulit, kamu perlu tahu cara analisa keuntungan dan kerugian, cara menentukan harga jaket kulit, peluang pasar, dan pusat jaket kulit yang bisa dijadikan rekanan bisnis. Sebuah proposal usaha (business plan) sederhana bisa memberikan gambaran untuk memenangkan persaingan pasar.

Yuk kita mulai uraian dan pembahasan tentang bisnis jaket kulit

Latar Belakang Usaha Jaket Kulit

Bagi seorang pebisnis, penting untuk memiliki motivasi atau latar belakang yang kuat dalam menjalankan usaha, tak terkecuali jual beli jaket kulit. Selain keuntungan, ada motivasi yang lebih mendasar dan menjadi sebuah usaha berumur lama. Coba kamu pikirkan masak-masak, mengapa kamu ingin menjalankan bisnis jaket kulit.

Pemilik Enjoy Leather, Kamaludin Somantri, memiliki visualisasi latar belakang yang cukup bagus dijadikan contoh. Salah satu usaha beliau mendirikan usaha adalah dilandasi motif sosial dan agama.

Bisnis Jaket Kulit: Modal & Tips Peluang Usaha dg Pusat Jaket Kulit
Gambar ilustrasi Bisnis Jaket Kulit

Motif sosial

Beliau menuturkan pada penulis, bahwa beliau ingin membangkitkan perekenomian para pengrajin kulit di daerah Garut. Beberapa perusahaan pengolahan berbahan dasar kulit tutup karena kena perubahan gaya hidup (life style). Peralihan pola belanja masyarakat dari offline ke online turut menggerus pengusaha yang tidak mengikuti perubahan tersebut.

Pada masanya, Garut pernah mengalami kejayaan sebagai pusat kerajinan kulit termasyur di Indonesia. Nah, beliau berusaha mengembalikan citra dan image tersebut sehingga para pengrajin bisa bikin jaket kulit terbaiknya. Dampaknya adalah perekonomian para pengrajin kulit akan membaik.

Motif agama

Alasan lain kenapa beliau ingin menjalankan usaha jaket kulit adalah untuk menopang pembiayaan lembaga pendidikan Al Qur’an yang diasuhnya. Bersama partnernya, beliau mengelola ponpes yang memberikan pendidikan gratis buat anak kurang mampu.

Setelah anak-anak tersebut beranjak dewasa, maka akan diperkenalkan dengan beberapa usaha dijalankan beliau. Mungkin sebagian ada yang menyukai desain, proses pembuatan dan pengolahan kulit, atau sebagai pemasar produk. Nah, usaha jaket kulit yang dijalankan ini dirancang untuk menjadi kawah candradimuka buat anak ponpes yang dikelolanya.

Dengan demikian, usaha jaket kulit ini menjadi punya banyak manfaat, yakni sebagai pusat pendidikan dan ketrampilan pembuatan produk berbahan kulit, penyokong dana lembaga pendidikan dan penggerak perekonomian masyarakat Garut. Win-win solution untuk beberapa permasalahan

pusat jaket kulit Garut
Gambar ilustrasi pusat jaket kulit Garut

Mengapa memilih kulit sebagai obyek usaha?

Keuntungan usaha jaket kulit

Produk yang terbuat dari bahan kulit hewan asli masih termasuk barang mewah bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Yaa… karena harganya memang relatif mahal. Oleh karena itu, bisnis jaket kulit bisa dibilang usaha yang customernya masuk segmen menengah ke atas.

Pembeli jaket kulit asli kebanyakan adalah orang yang sudah sadar kualitas dan bagi mereka harga mahal bukanlah masalah. Meskipun begitu, penting bagi anda untuk memperkirakan keuntungan usaha jaket kulit di Bandung dan kota lainnya.

Yuk kita lihat gambarannya

Harga kulit per lembar sekitar 300 hingga 400 ribu rupiah per meter persegi. Kita ambil saja Rp 400ribu sebagai harga asumsi. Jika biaya pembuatan kita asumsikan 100% dari harga maka harga pokok jaket kulit asli adalah Rp 800.000. Harga ini belum termasuk asesoris, kemasan, dan jasa custom lainnya.

Jika dikalkulasikan dengan pajak, tingkat keuntungan yang diinginkan, biaya ongkir. maka harga jual jaket kulit ini kita dapati harga minimal sekitar 1,2 juta. Katakanlah kita asumsikan keuntungan penjual adalah 10%, maka kisaran per jaket tingkat keuntungan adalah Rp 100 ribuan. Itulah gambar tingkat keuntungan penjual jaket dengan perhitungan yang sangat rasional.

Yang perlu digarisbawahi adalah setiap bisnis punya marget segment yang berbeda, termasuk jaket kulit. Menurut kami, usaha jual jaket kulit masih punya prospek yang sangat menguntungkan. Alasan kami simple, orang makin sadar kualitas dan rela bayar mahal demi jaket kulit bermutu baik. Lihat saja fenomena preorder produk gadget seperti iPhone yg berharga puluhan juta.

Kesimpulannya adalah jika anda membeli jaket kulit yang diklaim original tetapi harganya 500ribuan, maka bisa jadi kulitnya tidak 100% asli. Karena menurut perhitungan analisa usahanya gak masuk akal.

Kulit asli itu unik dan menarik

Bagi pebisnis pemula, sangat disarankan mempunyai pengetahuan yang baik tentang kulit. Bahan jaket kulit diperoleh dari kulit hewan atau kulit binatang. Beberapa jenis kulit hewan yang dibuat menjadi kerajinan akan memiliki kekhasan sendiri pada finished productnya. Kulit sapi dan kulit buaya jelas punya corak dan kualitas yang berbeda jika dibuat jadi kerajinan.

Kamu perlu berhati-hati dalam membeli bahan jaket kulit maupun asesorisnya. Pastikan semuanya berkualitas terbaik. Kenapa begitu? Karena pada akhirnya, kualitas tetep jadi alasan utama pembeli di segmen market medium-up. Kalo emang betul-betul bagus, maka peluang ekspor jaket kulit akan semakin terbuka lebar.

Masih ada alasan lain mengapa kulit dijadikan lahan bisnis… sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.

toko jaket kulit adalah tempat untuk memulai bisnis
Gambar ilustrasi toko jaket kulit

Cara Memulai Bisnis Jaket Kulit

Mengenal bermacam jenis kulit

Sebelum memulai bisnis penjualan produk kerajinan kulit, pastikan kamu punya pengalaman dalam membedakan kualitas kulit asli dan palsu. Kalo kamu belum punya experience yang cukup, maka kamu bisa belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman tentang bisnis jaket kulit ini. Sebut saja mereka senior. Hormati mereka saat kamu menimba ilmu. Dengan demikian, kamu akan lebih familiar dengan bahan jaket kulit dan betul-betul memahami kelebihan dan kekurangan produk yang kamu jual.

Pelajari kelebihan dan kekurangan kompetitor

Kamu juga bisa belajar dengan survey ke calon customer tentang pengalaman mereka beli jaket kulit di toko kompetitor. Olah data survey kamu dan buat menjadi daftar plus dan minus. Misalnya minusnya adalah pelayanannya gak friendly. Dari hal tersebut, kamu perlu belajar atau mencari customer service yang ramah dan sabar dalam menghandle customer.

Ciptakan brand dan trust

Supaya pelanggan mengenalimu berbeda dengan brand yang sudah ada, maka kamu perlu nama. Buat nama atau merek kamu mudah diingat dan memberikan value buat customer sehingga mereka percaya dengan kamu dan apa yang kamu jual. Dengan modal kepercayaan tersebut, bisa dipastikan bisnis jaket kulit akan cepat berkembang. Alasannya, orang Indonesia suka bercerita. Mereka akan membicarakan bisnis kamu dari mulut ke mulut secara gratis.

Pelajari trend busana kekinian

Setelah kamu bisa mengenali kulit asli dan imitasi (sintetis), bagus atau tidak kualitas produk akhir, maka kamu perlu belajar membaca tren pasar jaket kulit. Gaya dan model jaket kulit seperti apa yang paling dicari orang saat ini, baik pria maupun wanita. Kamu bisa mengikuti fashion week atau peragaan busana di televise, membaca majalah fashion atau baca ulasan fashion di internet.

Ciptakan momentum

Ada momen khusus bagi setiap orang dan bangsa. Di Indonesia ada beberapa momen khusus yang dijadikan hari libur oleh pemerintah. Diantaranya adalah libur hari raya, pesta HUT kemerdekaan RI, Harbolnas, hari anak dan peringatan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan momentum sepert ini. Berikan promosi di momen special buat customer anda. Dengan begitu kamu bisa menciptakan moemntuk kamu sendiri .

Peluang bisnis jaket kulit akan memberi hasil fantastis. Kok bisa? Setelah kamu tahu tren pasar, maka kamu bisa menciptakan tren pasar baru untuk bisnis jaket kulit kamu sendiri.

Jaket Kulit Sulam Model terbaru buatan grosir jaket kulit garut
Gambar model Jaket Kulit Sulam by Enjoy Leather

Modal Usaha Jaket Kulit Secara Online

Domain dan hosting

Pebisnis jaket kulit yang pengalamannya baik untuk dijadikan inspirasi adalah Angga Tirta dan Yudha Herbaputra. Mereka menceritakan pengalamannya membangun Gage Leather, merek jaket kulit miliknya. Gage Leather dimulai pada awal 2014 dengan modal domain dan hosting. Kalo dirupiahkan domain sekitar 150 ribuan setahun dan hosting 750 ribu setahun. Modal untuk menjalankan toko jaket kulit online adalah 900 ribu setahun. Tapi untuk membuat website rame orderan tidak hanya itu.

Biaya iklan

Ada beberapa platform untuk beriklan yang bagus. Marketer umumnya menggunakan Google ads dan Facebook ads.

Tugas kamu hanyalah mengenali pembeli. Dimana mereka menghabiskan waktunya. Jika pembeli kamu adalah kalangan berada yang gak banyak buang waktu, kemungkinan mereka lebih menyukai Google. Search and find. Clear masalahnya.

Beda lagi kalo pembeli kamu adalah anak muda yang suka gaya-gayaan. Mungkin mereka lebih sering berinteraksi melalui sosmed. Kalo suka berfoto dan video ria mungkin platform instagram lebih cocok. So, kenali siapa pembeli jaket kulit kamu secara tepat.

Kepercayaan pengrajin

Pengrajin kulit di daerah Garut itu banyak. Pilihlah yang mau untuk diajak bekerjasama. Kamu perlu menjelaskan model kerjasama. Apakah bagi hasil atau jual putus. Jelaskan pula sistem pembayaran yang digunakan, cash atau transfer. Oh iya guys, kepercayaan adalah modal bisnis yang mahal harganya. Jangan merusak kepercayaan dengan berbuat curang.

Apakah perlu pinjaman bank?

Bank memang lembaga yang diakui pemerintah untuk menghimpun dana masyarakat. Disana banyak orang menabung. Bank pun memberikan kredit bagi pengusaha yang ingin membesarkan skala usahanya. Namun gak semua orang cocok dengan cara kerja bank. Kamu perlu pelajari dengan seksama akad pinjam meminjam dana dengan bank.

Angga dan Yudha menceritakan ide mereka memulai bisnis mereka adalah dengan modal sendiri. Mereka pakai modal ala kadarnya, tanpa pinjaman bank. Mereka berusaha membuktikan bahwa sukses bisa diraih tanpa mengandalkan pinjaman bank.

Peluang ekspor bisnis jaket kulit

Seiring berjalannya waktu, bisnis jaket kulit yang Angga dan Yudha mulai terus berjalan hingga sekarang. Bahkan, sudah melakukan ekspor ke mancanegara seperti Jeddah, Korea. Mereka juga punya agen atau reseller di Johor, Malaysia. Produk yang bisa dipasarkan tidak hanya jaket kulit, tapi juga ikat pinggang, rompi, topi, sepatu, sandal, tas kulit, dan beberapa kerajinan custom berbahan kulit lainnya.

Permasalahan dalam bisnis jaket kulit

Pemasalahan dalam menjalankan usaha itu ibarat garam dalam sayur. Gak sedap kalo gak ketemu masalah. Masalah bukan buat untuk dicari, tapi kalo ketemu jangan lari. Begitu kata pepatah.

Pengiriman produk

Salah satu kendala dalam bisnis online adalah pengiriman. Biasanya pengiriman produk jaket kulit ke luar negeri akan berkaitan dengan persyaratan surat izin dan birokrasi. Pengusaha pemula perlu bantuan pihak ketiga (forwarding profesional) untuk mengatasi kendala ini.

Penipuan online

Bisnis online di Indonesia emang masih dalam tahap pengembangan. Adanya eksploitasi segelintir orang yang paham internet kadang memunculkan penipuan dengan beragam modusnya. Kamu sebagai penjual perlu menjaga kepercayaan customer. Pasalnya, banyak terjadi penipuan jual beli online.

Masalah produksi

Kamu perlu membuat strategi yang baik sehingga terjadi keseimbangan antara penjualan, stock produk di gudang, pembelian bahan baku, dan asesoris. Kamu perlu menghitung jumlah karyawan produksi sesuai dengan jumlah order yang masuk.

Sebagai gambaran, jika kamu punya 20 tenaga kerja yang terdiri dari bagian produksi, customer service, dan administrasi, maka kamu bisa mengantongi omset hingga dua puluh juta rupiah setiap bulannya. Kebayang kan peluang usaha jaket kulit?

Masalah bahan baku jaket kulit

Kamu gak harus menyimpan bahan jaket kulit kamu sendiri. Kamu bisa menjalin kerjasama dengan produsen jaket kulit daerah Sukaregang, Garut. Inilah yang disebut dengan memanfaatkan peluang. Bahan baku utama kulit domba dan kulit sapi untuk produksi bisa dipasok oleh pengrajin kulit secara kontinyu. Garut adalah pusat jaket kulit yang terkenal memproduksi kulit olahan berkualitas tebaik di Indonesia.

Masalah pemasaran jaket kulit

Setelah sekian waktu, kamu bisa membuka cabang pemasaran di kota lain. Angga dan Yudha juga telah memiliki dua outlet jaket kulit domba yang beada di Jakarta dan Jambi. Mereka berharap outlet mereka bisa dibuka di seluruh kota besar di Indonesia dan bisa mulai rutin melakukan ekspor jaket kulit dalam jumlah yang lebih besar.

Kesuksesan Angga dan Yudha dalam memulai bisnis tanpa pinjaman bank, tak hanya menjadi panutan orang-orang di sekitarnya. Kegigihan mereka dalam berusaha mampu menginspirasi para pemula untuk terjun di dunia bisnis. Mereka aktif di Komunitas Bisnis Dari Rumah (BDR) yang saat ini telah melatih ribuan orang yang ingin sukses di bisnis mereka. Sharing bisnis ini rutin diadakan di kota-kota besar di Indonesia.

Tips memulai bisnis jaket kulit

Kenali passion

Angga dan Yudha berpesan dalam merintis usaha yang terpenting ialah passion. Dengan passion, kita akan struggle dan tidak cepat menyerah dalam menjalankan bisnis. Semua tantangan akan teratasi jika kita sudah mencintai bisnis yang kita jalani. Sebagian praktisi bisnis mengatakan, bisnis yang dijalankan dengan passion akan lebih cepat sukses karena 50% modal telah tercukup dari passion

Hindari riba dan penipuan

Mereka menyarankan kita agar menghindari riba dan penipuan dalam berbisnis karena banyak pengusahan yang kelihatan sukses, tapi ternyata terlilit hutang. Tidak ada yang benar-benar sukses dari hutang bank atau riba.

Utamakan kualitas produk

Ardi Lada juga berbagi pengalamannya berbisnis jaket kulit dengan merek Wrekso. Keunggulan kualitas kerajinan kulit Indonesia diamini oleh Ardi Lada. Ardi merupakan penerus bisnis tas kulit merk Wrekso di Yogyakarta. Produk-produknya banyak diekspor ke luar negeri, dan diincar oleh turis asing.

Ikuti perkembangan mode fashion

Kiat bisnis Ardi adalah justru tidak mencoba mengikuti tren mode. Setiap turis, entah itu dari Jepang, Eropa, dan Indonesia, punya selera tertentu. Menurut Ardi, setiap tas yang timnya produksi pasti ada jodohnya. Enjoy Leather juga buka jasa buat jaket kulit custom. Kamu bisa order jaket kulit dengan desain, ukuran dan warna kesukaan kamu.

Ciptakan keunikan produk

Kekhasan produk tas kulit Wrekso diakui Ardi memikat konsumen. Namun, untuk mempertahankan konsistensi kualitas menjadi tantangan tersendiri. Ardi memakai kulit original hasil usaha kecil dan menengah, bukan hasil pabrik.

Kalau hasil pabrik, hari ini kita memesan kulit dengan kualitas tertentu, besok kita pesan lagi kualitasnya pasti sama. Kalau kulit hasil UKM, hari ini kita pesan kulit coklat, besok kita pesan kulit seperti itu cokalatnya belum tentu sama. Kendala mendidik UKM untuk produksi berdasar standard inilah yang jadi tantangan pengusaha.

Solusinya, menurutnya, ialah telaten melakukan supervisi mengingat bisnisnya berpusat pada kerajinan tangan, bukan produksi massal. Ketelatenan itu kini berbuah manis. Ardi mengaku tas Wrekso yang mulai ditanganinya sejak 2012 itu telah menghasilkan omzet empat puluh juta hingga delapan puluh juta setiap bulan.

Sudah ada niat memulai bisnis jaket kulit?

Rekomendasi pusat jaket kulit Garut

Buat kamu yang pengen order jaket kulit custom, baik pria maupun wanita, bisa order ke toko jaket di Enjoy Leather. Kamu bisa order aneka model jaket kulit terbaru sesuai keinginan kamu. Sistemnya preorder. Kepoin model jaket kulit motor, jaket kulit model jas dan blazer serta model jaket kulit lainnya di Enjoy Leather Shop.

Bisnis Jaket Kulit: Modal & Tips Peluang Usaha dg Pusat Jaket Kulit
5 (100%) 32 votes

Tags:cara berjualan jaket kulit, pengen jualan jaket kulit tapi tidak ada modal, proposal usaha kerajinan kulit buaya, proposal usaha kerajinan kulit domba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *