Jaket Semi Kulit Itu Apa: Kelebihan Kekurangan Bahan +Cara Merawat

Jaket semi kulit wanita Garut murah adalah terbuat dari bahan sintetis yang bagus. Aneka model jaket kulit motor Harley buat pria (cowok), model bomber hoodie, model jaket rock n (changcuters) roll warna biru hitam coklat buat anak muda, model casual dan formal buat perempuan dan pria kantoran.

Enjoy leather Shop sebagai perusahaan konveksi jaket kulit melayani jasa buat jaket kulit asli custom, termasuk model jaket kulit motor, boy anak jalanan, couple. Harga jual grosir toko kualitas distro. Pabrik konveksi kulit tersebut siap mengirimkan orderan ke jakarta (tanah abang) bekasi cikarang malang bandung jogja surabaya kota denpasar bali dan seluruh wilayah di Indonesia.

Yuk simak ulasan tentang jaket semi kulit.

Pendahuluan

Jaket semi kulit pria dan wanita model terbaru menjadi alternatif bagi anak muda di Bandung, Bali dan Jogja yang ingin tampil stylish dengan budget low-medium. Di market online, model jaket semi kulit yang populer di kalangan cowok adalah harley, bomber, hoodie, rock n roll, dan jaket kulit yang dikenakan artis Ariel Noah.

Model jaket semi kulit juga stylish dan trendi seperti halnya jaket kulit asli. Buat kamu yang ngerasa harga jaket kulit asli kemahalan, maka produk sintetis ini bisa jadi alternatif buat kamu sehingga tetep tampil keren. Kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli jaket kulit dari bahan poli uretan (PU) ini.

Perkembangan teknologi kimia dan pabrikasi sekarang mampu menciptakan bahan sintetis yang sangat mirip kulit asli. Kemiripan fisik mulai dari tekstur, ketebalan dan kenyamanan pakai. Seperti halnya jaket kulit asli, jaket semi kulit juga harus dirawat dengan baik. Sehingga kondisinya tetap oke dan tahan lama. Tentu saja, cara perawatannya sedikit berbeda dengan jaket kulit asli.

Bagaimana cara merawat jaket semi kulit? Akan kami bahas secara mendalam dalam tulisan ini.

Yuk kepoin ulasan Enjoy Leather berikut ini.

Jaket Semi Kulit Itu Apa: Kelebihan Kekurangan Bahan +Cara Merawat Jaket Semi Kulit
Gambar contoh jaket semi kulit

Apa itu jaket semi kulit

Jaket semi kulit adalah jenis jaket yang terbuat dari bahan kulit sintetis berkualitas tinggi. Bahan semi kulit tersusun atas 3 lapis. Lapis pertama adalah PU (polyurethane), sedangkan lapis ke-2 dan ke-3 terbuat dari bahan serat mikro (microfiber). Dibandingkan dengan kulit PU biasa, bahan semi kulit memiliki kualitas yang lebih baik (superior). Sebagai contoh ketebalan bahan semi kulit adalah berkisar 1.05 mm (sebanding dengan kulit asli), sedangkan ketebalan PU berkisar antara 0.6 mm. penjelasan tentang pengertian semi kulit (semi leather) ini dikutip dari laman danger.shop.

Kelebihan Jaket Semi Kulit

Beberapa orang lebih suka menggunakan jaket semi kulit karena dianggap memiliki kelebihan seperti berikut:

Kualitas bahan yang bagus

Kualitas bahan semi kulit hampir sama dengan bahan kulit asli dalam hal tekstur dan keawetan

Sayang binatang

Mendukung organisasi PETA yang memperjuangkan nilai kehewanan bahwa sebaiknya tidak menggunakan bahan dari kulit hewan jika produk alternatif tersedia

Harga lebih murah

Terakhir, kelebihan jaket semi kulit yang tak bisa disaingi jaket kulit asli adalah dalam hal harga. Jaket semi kulit dijual dengan harga di bawah jaket kulit asli. Tentunya ini menjadi kelebihan bagi Kamu yang ingin tampil stylish namun memiliki budget terbatas.

Harga jaket semi kulit lebih murah dibandingkan harga jaket kulit asli dengan tingkat kualitas produk yang hampir setara. Namun, bahan jaket kulit asi tetaplah lebih unggul daripada semi kulit.

Pori-pori

Kelebihan bahan semi kulit lainnya adalah pori-pori yang sangat rapat. Kondisi ini membuat jaket semi kulit bisa tetap dipakai saat Kamu berada di bawah gerimis. Namun, untuk hujan besar Kamu tetap butuh jas hujan yang memang dibuat dari bahan water proof.

Warna

Kelebihan lainnya adalah dalam hal variasi warna. Karena dibuat di pabrik, maka akan sangat mudah bahan semi kulit dibuat dengan berbagai varian warna. Sehingga varian warna jaket semi kulit akan lebih banyak dibanding jaket kulit asli.

Desain

Desain jaket semi kulit juga cukup beragam. Umumnya mengadopsi dari model jaket kulit. Contohnya saja model bomber, slimfit ala Korean style, jubah panjang dan model jaket kulit motor.

Kekurangan Jaket Semi Kulit

Kekurangan jaket semi kulit tentu berkebalikan dengan kelebih tersebut di atas. Berikut adalah penjelasan rincinya.

Mudah bereaksi dengan senyawa kimia

Hal pertama yang harus dipahami adalah jaket semi kulit dibuat dari bahan hasil olahan pabrik yang menggunakan campuran bahan kimia.  Salah satu kelemahan bahan kimia seperti ini adalah mudah bereaksi dengan senyawa kimia lain seperti minyak atau alkohol. Berbeda dengan bahan jaket kulit sapi atau domba asli yang lebih tahan panas dan bahan kimia. Oleh karena itu, jaket semi kulit akan lebih mudah rusak ketika terkena percikan bahan kimia.

Nah, sebelum masuk ke bagian perawatan jaket semi kulit, sebaiknya Kamu mengetahui lebih dulu apa sih bahan yang digunakan untuk membuat jaket semi kulit. Dengan mengetahui karakter dari bahan semi kulit, maka Kamu akan bisa lebih memahami cara yang tepat dalam merawat jaket semi kulit.

Bahan jaket kulit sintetis

Ada beberapa jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat jaket kulit sintetis. Dilansir dari laman quora.com, beberapa material tersebut adalah:

  1. PVC
  2. Semi-PU
  3. PU
  4. Microfiber leather
  5. Imitation microfiber leather
  6. Leather aqueous
  7. Solvent-free leather

Ciri khas jaket semi kulit

Karena terbuat dari bahan sintetis, maka saat terkena api atau terbakar, bahan semi kulit akan mengalami perubahan yang berbeda dengan jaket kulit asli. Bahan sintetis, seperti PVC, jika dibakar maka akan mengkerut, pecah, hingga akhirnya berlubang dan rusak. Saat terbakar pun muncul aroma plastik dan karet. Kandungan kimia pada bahan semi kulitlah yang memunculkan aroma seperti itu.

Cara merawat jaket semi kulit yang benar akan membuat jaket kulit kamu awet dan nyaman dipakai. Jika salah melakukan perawatan, maka akibatnya bisa fatal. Maksud hati ingin menghilangkan noda, tapi malah merusak warna keseluruhan karena salah treatment. Berikut ini kami uraikan cara merawat jaket semi kulit.

Cara mencuci jaket semi kulit

Mencuci jaket semi kulit tentu tidak sama dengan mencuci jaket biasa dari bahan polyester atau katun. Secara umum, ada dua bagian utama yang harus dicuci, yaitu mencuci jaket bagian luar dan bagian dalam jaket. Baca juga cara mencuci jaket kulit asli.

Untuk mencuci jaket semi kulit, kamu tidak perlu menggnakan mesin cuci. Cukup dilap dengan kain basah ke seluruh bagian luar jaket. Ingat, sebelum mulai dilap sebaiknya seluruh permukaan jaket dibersihkan dulu dari debu dengan menggunakan lap kering. Berikut adalah tahapan cara mencuci jaket semi kulit yang dikutip dari laman biopolish.com:

Cara Mencuci jaket kulit sintetis bagian luar

  1. Bersihkan bagian luar jaket dari noda yang menempel seperti debu dan kotoran lainnya
  2. Gunakan lap kain yang bersih dan kering untuk membersihkan
  3. Lap perlahan lahan hingga terlihat bersih
  4. Jika nodanya membandel, siapkan air dan sedikit cuka apel. Misalnya air 1 gelas gunakan cuka apel Cuma 2 / 3 sendok makan kemudian di campur
  5. Celupkan kain lap, kemudian peras airnya hingga lembab
  6. Gosok pada bagian noda yang menempel. Hati-hati jangan sampai melebar ke bagian yang lain
  7. Selanjutnya keringkan dengan lap kain yang kering sehingga nodanya hilang dan benar benar kering
  8. Angin-anginkan jaket di tempat yang teduh dan kering agar jaket tidak lembab

Buat kamu pria atau cowo yang pengen punya jaket kulit asli, silakan cek ulasan kami tentang jaket kulit pria.

Cara mencuci jaket kulit sintetis bagian dalam jaket

Mencuci bagian dalam jaket adalah merupakan cara yang penting. Hal ini perlu dilakukan agar jaket kulit tidak berbau dan tetap nyaman saat dipakai. Sebagai catatan cara ini kami berikan untuk bagian dalam jaket kulit yang menggunakan seperti kain parasut bukan bahan katun / bahan kaos.

Berikut langkah-langkah mencuci bagian dalam jaket kulit semi kulit (kulit sintetis)

  1. Siapkan peralatan untuk mencuci jaket kulit sintetis, air, mangkuk / ember kecil, sabun/ sampo bayi , lap kain bersih 2 buah
  2. Campur air dengan sedikit larutan sabun bayi hingga tercium bau harum. Namun jangan sampai busanya berlebihan
  3. Bersihkan bagian dalam dengan lap kering terlebih dahulu setelah bersih barulah gunakan lap kain yang lembab
  4. Celupkan lap kain bersih dan kering kedalam larutan tersebut kemudian peras hingga lembab
  5. Gosok ke bagian dalam jaket kulit kain yang lembab tersebut hingga bersih
  6. Hati-hati saat menggosok bagian dalam. Pastikan searah saat menggosok agar rembesan tersebut tidak mengotori bagian luar jaket
  7. Setelah bersih gunakan lap kain yang masih kering untuk mengelap sisa-sisa sabun yang menempel pada bagian dalam jaket kulit
  8. Setelah bersih dan kering, angin-anginkan jaket di tempat teduh dan kering

Cara Menghilangkan Bau Jaket Semi Kulit

Ada kalanya, karena sering dipakai jaket semi kulit mengeluarkan bau tidak sedap. Jangan panik, jangan bingung. Ada caranya kok untuk menghilangkan bau tanpa harus mencucinya. Karena sangat dilarang merendam jaket semi kulit ke dalam larutan detergen. Kecuali Kamu memang ingin jaket Kamu rusak. Cek juga artikel kami tentang jaket kulit wanita.

Ada dua cara yang bisa Kamu terapkan untuk menghilangkan bau pada jaket. Berikut penjelasannya:

Cara hilangkan bau dengan cuka

Cara Pertama adalah dengan menggunakan cuka. Karena asam yang ada dalam larutan cuka bisa menetralkan bau yang dihasilkan jaket yang terlalu sering dipakai. Caranya seperti ini.

  • Campurkan cuka ke dalam wadah semprotan berisi air dan aduk rata. Semprotkan air larutan cuka ke seluruh bagian jaket yang memunculkan bau tidak sedap. Selanjutkan lap bekas semprotan dengan kain kering dan bersih.
  • Jika masih tercium bau, Kamu bisa lebih banyak lagi menyemprotkan cairan cuka. Jangan langsung dikeringkan. Biarkan selama sekitar 30 menit baru kemudian dilap dengan kain kering. Terakhir, jaket bisa diangin-anginkan agar kering dengan sempurna.

Cara hilangkan bau dengan baking soda atau baking powder

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan baking powder. Sebagai pelengkap Kamu siapkan juga lap bersih, sikat halus, dan kantong plastik.

  • Pertama-tama, taburkan baking powder ke seluruh bagian jaket. Terutama di bagian jaket yang memang memunculkan bau tidak sedap. Kemudian masukkan ke dalam kantong plastik dan tutup rapat selama 24 jam.
  • Setelah itu Kamu baru bisa membersihkan bakin powder yang masih menempel di jaket dengan menggunakan sikat. Lakukan penyikatan secara lembut agar tidak merusak bagian bahan dari jaket kulit semi kulit yang dibersihkan. Kemudian seka dengan kain agar lebih bersih.
  • Lakukan pengulangan proses di atas jika jaket masih mengeluarkan bau tidak sedap. Pastikan Kamu menabur baking powder di area yang memang memunculkan bau.

Cara Merawat Jaket Semi Kulit

Setelah jaket semi kulit selesai dicuci dan dikeringkan, pekerjaan Kamu belum selesai. Masih ada satu tahapan lagi yang harus dilakukan agar jaket bisa lebih awet. Cek cara merawat jaket kulit asli juga ya.

Menggunakan lotion

Bahan semi kulit yang digunakan harus selalu dalam kondisi tetap lentur. Ketika terlalu kering, bahan sintetis akan lebih mudah retak atau pecah. Karena itu, setelah dicuci dan dikeringkan Kamu bisa melembapkannya dengan menggunakan lotion.

Oleskan lotion ke seluruh permukaan jaket dengan menggunakan jari. Namun, lotion yang digunakan bukan lotion biasa. Harus yang lembut dan tidak mempercepat kerusakan pada jaket.

Menggunakan baby oil

Salah satu yang bisa digunakan adalah mengoleskan baby oil. Bahan baby oil yang lembut sangat pas untuk melembapkan jaket semi kulit milik Kamu. Lakukan secara rutin jika jaket Kamu tidak sering dipakai. Terutama setelah jaket dicuci dan dibersihkan. Cara ini akan membuat jaket semi kulit Kamu lebih awet dan tetap kinclong.

Rekomendasi Tempat Beli Jaket Kulit

Jaket kulit domba merupakan salah satu produk fashion yang paling banyak dicari pria dan wanita masa kini. Karakteristik tekstur bahan kulit yang lebih lembut dan lentur serta harga yang lebih murah dibandingkan jaket kulit lainnya (kulit sapi dan lembu) menjadi alasan utama kenapa beberapa customer lebih memilih jaket dari kulit domba. Enjoy Leather menggunakan teknologi penyamakan kulit yang ramah lingkungan.

Jika kamu pengen dibuatin jaket kulit custom (pria atau wanita, klasik atau modern, formal atau casual), maka silakan hubungi Enjoy Leather. Cek juga katalog model jaket kulit terbaru di toko online Enjoy Leather Garut.

Jaket Semi Kulit Itu Apa: Kelebihan Kekurangan Bahan +Cara Merawat
5 (100%) 27 votes

Tags:kelebihan dan kekurangan kerajinan kulit kambing, bahan semi kulit itu seperti apa, Bahan semi kulit yg bagus, Beda bahan semi kulit dan parasut, dianggada harga bahan jaket semi kulit brapa, kelebihan dan kekurangan jaket kulit sintetis, membersihakan jaket semi kulit dengan baby oil, perbedaan jaket semi kulit dan kulit asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *